Beranda » Rekrutmen Anggota Polri, Polres Purworejo Catat 197 Pendaftar Online, 166 Lolos Verifikasi

Rekrutmen Anggota Polri, Polres Purworejo Catat 197 Pendaftar Online, 166 Lolos Verifikasi

PURWOREJO, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerima pendaftaran Taruna dan Taruni Akpol mulai 26 Maret sampai 21 April serta  Bintara dan Tamtama Polri mulai tanggal 4 sampai 25 April. Di Kabupaten Purworejo, Polres  mencatat pendaftar online sebanyak  197 pendaftar dengan rincian 170 orang melalui seleksi jalur Bintara, 16 orang melalui seleksi jalur Tamtama, serta 11 orang lainnya melalui jalur Akpol.

“Animo cukup bagus. Karena kita mensosialisasikan ke sejumlah sekolah setingkat SMU, serta sosialisasi ke sejumlah instansi termasuk melalui media sosial bioskop,” jelas Kabag SDM Polres Purworejo Kompol Lelono W. Bramantyo pada Sabtu (27/4).

Dari 197 pendaftar online, katanya, akan melaksanakan proses verifikasi atau pemeriksaan administrasi awal di Polres Purworejo. Untuk Akademi Kepolisian (Akpol) verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal pada tanggal 16 sampai 18 April, Bintara dan Tamtama proses verifikasi pada tanggal 20 hingga 25 April.

“Pemeriksaan awal administrasi peserta seleksi masuk anggota Polri 2024 kami pusatkan di Gedung Auditorium Polres Purworejo. Adapun sejumlah instansi yang dilibatkan yaitu Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kebumen, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” imbuhnya.

Ia menuturkan, pemeriksaan melibatkan pihak eksternal untuk mengetahui keabsahan administrasi lebih lanjut. Hal ini karena pihak eksternal yang mengetahui persis keaslian berkas yang diajukan oleh tiap-tiap peserta seleksi. Menurutnya, para peserta yang mengikuti seleksi baik dari segi postur maupun administrasi mayoritas bagus dan memenuhi syarat.

Salah satu materi tes yakni postur badan dan berat badan

Adapun verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal meliputi, ijazah, Akte Kelahiran, KTP,  postur tubuh, berat badan maupun tinggi badan. “Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelengkapan serta persyaratan awal seleksi di tingkat Polres,” terang Lelono.

Hingga akhir batas waktu proses verifikasi, dari 197 pendaftaran yang dinyatakan lolos sebanyak 166 pendaftar. Mereka yang dinyatakan lolos terdiri atas 10 orang melalui seleksi Akpol, yakni sembilan pria dan satu wanita, 143 orang melalui jalur seleksi Bintara yang terdiri atas 119 pria dan 24 wanita serta 13 peserta pria dari jalur seleksi Tamtama.

“Peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat selanjutnya di Polda Jateng” terang Kabag SDM.

Terkait proses seleksi tersebut, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo berpesan agar para calon mempersiapkan diri menghadapi test serta jangan terpengaruh dengan isu-isu yang tidak semestinya. “Kami keluarga besar Polres Purworejo mendoakan semoga peserta yang dinyatakan lolos verifikasi  bisa lulus dan lolos sampai tahap akhir,” tandasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *