Beranda » Pelepasan 392 Siswa SMAN 1 Purworejo, 68 Lulusan Langsung Diterima di PTN Tanpa Tes

Pelepasan 392 Siswa SMAN 1 Purworejo, 68 Lulusan Langsung Diterima di PTN Tanpa Tes

PURWOREJO, Sebanyak 392 siswa kelas XII SMAN 1 Purworejo mengikuti prosesi pelepasan di Aula sekolah pada Rabu (8/5). Ke-392 siswa tersebut terbagi dalam 11 kelas, yakni delapan kelas IPA, dua kelas IPS,  dan satu kelas Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB). Dengan mengenakan kebaya dan jas, mereka mengikuti prosesi pelepasan dan menerima kalungan samir dari wali kelas masing-masing.

Dari 393 siswa, Alya Kinarrahma Maharani dinobatkan sebagai Student of the Year. Siswa kelas  XII IPA 8 tersebut punya segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. Selain menjadi pengurus OSIS dan Paskibra Ganesha selama dua periode, Alya yang juga telah diterima di Prodi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada melalui Jalur SNBP ini merupakan atlet berprestasi.

Putri dari Rudi Kusbiantoro dan Jati Widiastuti itu tercatat menjadi Juara 2 Popda Cabor Petanque individu putri Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2022 dan Juara 3 Popda Cabor Tinju Under 50kg Putri Tahun 2023. Prestasi lainnya antara lain meraih penghargaan internasional Gold Medal Awardee at 10th FRSIS (Fully Residential School International Symposium) 2022, Platinum Medal Awardee at 11th FRSIS (Fully Residential School International Symposium) 2023, dan Bronze Medal Awardee at ICCP (International Creative Creators Playground) 2023.

Bupati berfoto bersama seluruh peserta acara

Selain Alya, sekolah juga memberikan penghargaan kepada siswa terbaik masing-masing kelas. Seluruh siswa pun secara otomatis menjadi anggota alumni SMAN 1 yang dikenal dengan nama Muda Ganesha (MG) yakni MG 24. Ketua Paguyuban MG Dwi Wahyu Atmaji didampingi Ketua Komite Pram Pasetyo Ahmad secara simbolis menerima perwakilan MG dari masing-masing kelas.

Di sela acara, Ketua Panitia Nurmansyah Alami kepada Purworejo News mengungkapkan, acara wisuda purna atau pelepasan siswa kelas XII murni diselenggarakan oleh orang tua siswa. “Semuanya, baik panitia termasuk ube rampenya, ditangani oleh orang tua paguyuban siswa sebagai ungkapan basa syukur atas kelulusan putra putrinya,” tutur Nurman.

Menurutnya, acara ini selain jadi kebanggaan juga selanjutnya diharapkan bisa menjadikan sekolah sebagai tempat kegiatan untuk siswanya, termasuk bagi para alumninya.

Ketua Paguyuban MG (betik merah) bersama perwakilan kelas

Adapun Kepala SMAN 1 Nur Aziz menyampaikan apresiasi atas kolaborasi antara orang tua, komite, maupun guru dan sekolah sehingga acara dapat terselenggara dengan baik. “Tanpa kerja sama bapak ibu kami tidak akan mampu menyelenggarakan acara sebesar ini,” ujar Aziz.

Sebagai kepala sekolah, dirinya mengungkapkan rasa bangga atas prestasi siswa kelas XII. “Tahun ini sebanyak 68 siswa  diterima melalui jalur SNBP, naik dibanding tahun lalu 67 siswa dan menjadi yang tertinggi di Cabang Dinas Wilayah 8,” ungkap Aziz yang disambut tepuk tangan.

Ia pun berharap siswa fokus pada pendidikan, pelatihan, dan pengalaman agar dapat berkembang dengan sempurna. Aziz pun berpesan agar para siswa diberi keteguhan hati sehingga tidak tergoyahkan dengan ideologi yang tidak sesuai dengan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yuli Hastuti yang menyempatkan diri hadir, memberikan  selamat kepada siswa-siswi yang telah sukses menyelesaikan pendidikan. “Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada segenap guru pembimbing, para wali murid serta seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 yang telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menyelesaikan salah satu tahapan pendidikan, yang akan menentukan perjalanan hidupnya,” kata Bupati.

Prosesi sungkeman dan peluk sayang kepada orang tua

Kepada para siswa kelas XII, Bupati berpesan agar jangan pernah berhenti belajar, serta mencari ilmu agar bisa menggenggam dunia. Bupati juga berpesan agar tidak melupakan jasa orang tua dan para guru.

“Mungkin saat ini kalian belum begitu merasakan, namun kelak kalian akan merasakan betapa berharganya nasehat seorang guru, betapa tulusnya cinta kasih guru, dan betapa berartinya peran seorang guru dalam kehidupan kalian. Bahkan saya pun tidak akan bisa menjadi bupati kalau dulu tidak pernah belajar kepada guru,” tandas Bupati.

Selain perayaan suka cita, acara pelepasan siswa kelas XII juga diwarnai dengan suasana haru saat siswa melakukan sungkeman kepada orangtuanya masing-masing. Mereka mencari orang tuanya kemudian sungkem dan memeluk bapak atau ibu mereka dengan penuh rasa haru. (Dia)

Loading

3 thoughts on “Pelepasan 392 Siswa SMAN 1 Purworejo, 68 Lulusan Langsung Diterima di PTN Tanpa Tes

  1. Selamat untuk adik adik MG 24 yang telah Lulus . Tetap semangat u membangun Nusa n Bangsa dimasa yg akan datang . Perjalanan masih panjang.
    Sukses u MG 24.

    1. Selamat atas prestasi adik2. Luar biasa SMAN1. 8kls utk jur IPA. Sukses semua utk para Guru, orangtua dn siswa, juga MG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *