Beranda » Di SMK Muhammadiyah Purwodadi, Bupati Purworejo Sosialisasikan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Di SMK Muhammadiyah Purwodadi, Bupati Purworejo Sosialisasikan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

PURWOREJO, Bupati Purworejo Yuli Hastuti  menghadiri kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula, bertempat di SMK Muhammadiyah Purwodadi, Jumat (26/4). Turut mendampingi Kepala Badan Kesatuan Politik dan Hukum Agus Widiyanto, Wakil DPRD Kabupaten Purworejo Bintoro, Komisioner KPU Kabupaten Purworejo Suwardiyo, Camat Purwodadi Sumarjana, Kabag Prokopim Anas Naryadi, serta Ketua PD Muhammadiyah Purworejo H Pudjiono.

Di hadapan siswa siswi sekolah tersebut, Bupati Purworejo menyampaikan bahwa setelah pemilu serentak  pada awal 2024, kita akan kembali melaksanakan pesta demokrasi tingkat daerah yakni Pemilukada serentak 2024.

“Seluruh warga masyarakat diharapkan dapat berperan serta secara aktif dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, termasuk siswa siswi sekolah menengah tingkat atas yang masuk kategori calon pemilih pemula,” ujar Bupati.

Menurutnya, dalam rangka menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang, peran dari generasi muda tentunya sangat penting terhadap persoalan bangsa Indonesia saat ini.

Bupati bersama ketua PDM dan para undangan

“Mengingat baru akan memberikan hak suara untuk pertama kalinya, maka calon pemilih pemula tentunya masih minim informasi tentang pesta demokrasi, sehingga perlu diberikan pendidikan politik yang memadai,” katanya.

Dijelaskan bahwa Permendagri Nomor 36 tahun 2010 tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik mengamanatkan bahwa untuk pengembangan kehidupan demokrasi diperlukan pendidikan politik bagi masyarakat. Pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bagi generasi muda, pendidikan politik sangat penting dan strategis sebagai media memperoleh berbagai informasi, agar memiliki pemahaman yang memadai dan tergerak untuk berperan serta secara aktif dalam pemilukada,” imbuhnya.

Bupati berharap, para pemilih pemula memiliki pondasi yang kuat dan pemahaman yang memadai tentang pemilukada, agar tidak mudah termakan berbagai macam isu yang seringkali marak terjadi. Sehingga para pemilih pemula dapat menjadi pemilih cerdas yang memberikan hak suara secara bertanggungjawab dalam pemilukada. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *