Beranda » Tinggi, Animo Masyarakat Purworejo Bayar Perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor di Area CFD

Tinggi, Animo Masyarakat Purworejo Bayar Perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor di Area CFD

PURWOREJO, Animo masyarakat Purworejo untuk membayar perpanjangan pajak kendaraan bermotor (PKB) di luar kantor Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UP2D) atau Samsat terbilang tinggi, termasuk di area car free day (CFD)tepatnya di pintu masuk Kantor Satlantas. Seperti yang tampak pada Minggu (5/5) pagi.

Selama dua jam yakni mulai pukul 06.00 hingga 08.00, masyarakat silih berganti mendatangi tempat pembayaran PKB berupa mobil khusus milik UP2D. Terdapat tiga petugas yang melayani, termasuk dari Unit Regident Satlantas Polres Purworejo.

Pelayanannya pun terbilang cepat. Cukup dengan menunjukkan KTP dan STNK asli kepada petugas, masyarakat dapat langsung membayar nominal PKB yang telah tertera. Selanjutnya surat PKB yang baru bisa langsung dibawa pulang setelah dicetak oleh petugas.

Kanit Regident Iptu Ratu Kenya melalui Arie Setyo selaku petugas kepada Purworejo News menjelaskan, pembayaran perpanjangan PKB di luar Kantor UP2D Jalan Jendral Sudirman sudah lama dilakukan. “Sudah sekitar lima tahun sejak adanya CFD dan sempat berhenti saat Covid,” tutur Arie.

Pelayanan Samsat keliling di area CFD

Setiap beroperasional selama dua jam, rata-rata sekitar 70 warga yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Bila di rata-rata, dalam satu jam petugas melayani 35 orang; setiap orang paling lama dilayani selama sekitar dua menit. “Pelayanan seperti ini kami lakukan untuk mendekatkan dan mempermudah masyarakat membayar PKB di tempat keramaian,” ungkap Arie.

Tak hanya di area CFD, pembayaran PKB juga dibuka setiap hari kerja di pusat perbelanjaan Jodo dan Mal Pelayanan Publik (MPP). Selain itu di area Romansa Kuliner setiap malam Minggu. “Kebanyakan PKB yang diperpanjang adalah motor,” imbuh Arie.

Melalui cara tersebut, termasuk melalui Aplikasi Sakpole, pihaknya berharap agar bisa lebih dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Sukani (58), warga Desa Bayem Kecamatan Kutoarjo yang sebelumnya sering membayar di Samsat Kutoarjo.

Sukani mengaku sudah lima kali membayar PKB melalui mobil keliling UP2D  saat CFD di hari Minggu. “Di sini lebih cepat, ndak perlu waktu lama langsung dilayani. Juga bisa sambil momong cucu,” ungkap Sukani. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *