Beranda » Jadi Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum,  SMPN 1 Purworejo Melaju ke Provinsi

Jadi Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum,  SMPN 1 Purworejo Melaju ke Provinsi

PURWOREJO, SMPN 1 Purworejo berhasil menjadi Juara 1 Lomba Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat SMP se- Kabupaten Purworejo tahun 2024. Babak final LCCM yang diadakan di Gedung Kesenian WR Soepratman pada Kamis (16/5) diikuti tiga tim. Yakni SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 8. Sebagai juara 1, SMPN 1 akan mewakili  Kabupaten Purworejo pada LCCM tingkat provinsi Jawa Tengah dan nasional. Selain itu juga mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 8.343.000. Adapun SMPN 8 Juara 2, dan SMPN 2 Juara 3.

Kadin Dikbud Kabupaten Purworejo Wasit Diono selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan, LCCM tahun 2024 ini diikuti 21 tim SMP se-Kabupaten Purworejo. Tahap seleksi telah dilaksanakan pada Selasa (14/5).

“Pada tahap seleksi peringkat 10 besar selain SMPN 1, SMPN 8, SMPN 2, juga SMPN 4, SMPN 11, SMP 31, SMP Bruderan, SMPN 32, SMPN  17, dan SMPN 25,” rinci Wasit.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan Final LCCM, peserta melalui empat babak lomba. Dimulai dari babak cepat tepat, babak benar salah, babak wajib rebut, dan babak rebutan. Adapun peserta yang mendapat nilai tertinggi dinyatakan menjadi juara 1.

Wasit menyatakan, LCCM diadakan untuk memupuk rasa cinta tanah air melalui sejarah dan peninggalan budaya. Tak kalah penting, menurutnya, yakni untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum tentang peranan museum sebagai tempat belajar dan bermain.

Para finalis bersama guru pembimbing usai lomba

Juri LCCM, imbuh Wasit, merupakan personel yang kompeten. Diantaranya Arkeolog Jujun Kurniawan, Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Yusuf Senja Kurniawan, serta pejabat dari Dinas Kebudayaan DIY Umarul Mukhtar Alwazir.

Saat menyampaikan sambutan penutup, Wasit memberikan apresiasi kepada para guru pendamping sekolah, peserta Lomba LCCM 2024, tim juri, serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba.

“Harapan besar dari terselenggaranya kegiatan LCCM ini yakni agar masyarakat betul- betul merasakan manfaat museum bagi khalayak luas. Juga di kalangan pelajar, khususnya di Kabupaten Purworejo dan di Indonesia pada umumnya, yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa di masa mendatang,” harapnya.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Tuwuh Sutrisno kepada Purworejo News yang menghubunginya pada Jumat (17/5) menyatakan rasa bahagia dan bangga atas prestasi yang diperoleh anak didiknya. Senada dengan Wasit, Tuwuh juga mengapresiasi guru pembimbing dan peserta yang telah berusaha maksimal sehingga memperoleh hasil terbaik.

“Selanjutnya kami akan kembali mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk LCCM tingkat provinsi mendatang. Mohon doa dan dukungannya,” pungkas Tuwuh. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *