Beranda » Bantu Penertiban Lalu Lintas Selama Lebaran, Kwarcab Pramuka Purworejo Kerahkan 1.054 Anggota

Bantu Penertiban Lalu Lintas Selama Lebaran, Kwarcab Pramuka Purworejo Kerahkan 1.054 Anggota

PURWOREJO, Tujuh hari menjelang dan sebelum Lebaran, sebanyak 1.054 anggota Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo dikerahkan untuk membantu petugas menertibkan lalu lintas di 16 kecamatan. Melalui kegiatan yang diberi nama Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran (APPKBL), mereka akan  bertugas mulai tanggal 8 hingga 14 April.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Purworejo Wasit Diono menyampaikan, anggota Pramuka yang terlibat dalam APPKBL 2024 berasal dari kwartir ranting (kwaran), dewan kerja cabang (DKC), dan Ubaloka. “Mereka bertugas membantu  menertibkan lalu lintas, termasuk juga terminal, pasar, stasiun, dan tempat umum lainnya,” jelas Wasit kepada Purworejo News, Jumat (29/3).

Dirinya merinci, 1.054 anggota Pramuka itu bertugas di 16 kecamatan serta satu DKC dan Ubaloka. “Rinciannya, Kecamatan Purworejo  320 personel, Purwodadi 180, Pituruh 70, Bagelen 60, Kutoarjo 55, Butuh 52, Banyuirip 50, Gebang 40, Bruno 34, Kaligesing 33, Ngombol 30, Loano 25, Grabag 25, Bener 20, Kemiri 20, Bayan 20, serta DKC dan Ubaloka 20 personel,” jelas Wasit.

Disebutkan, dalam hal pengaturan lalu lintas yakni membantu polisi di posko yang didirikan di Maron, Plaza, Perempatan Kutoarjo, Pasar Krendetan, Perempatan Nampurejo, Perempatan Jetis, dan atau posko yang didirikan Kwartir Ranting secara mandiri. “Untuk memberi bekal kemampuan pengaturan lalu lintas bagi para petugas, maka akan diadakan pelatihan yang dilakukan oleh Polsek setempat,” kata Wasit.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purworejo Wasit Diono

Setiap bertugas, lanjutnya, mereka juga akan membuat laporan kegiatan/liputan serta reportase di bawah koordinasi Humas Informatika Kwarcab/Kwarran. Adapun waktu kegiatan mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Selain itu, selama bulan Ramadan ini kegiatan APPKBL lainnya berupa pembagian takjil di beberapa kecamatan. Dengan mengenakan seragam Pramuka lengkap, mereka membagikan takjil di sore hari menjelang waktu berbuka puasa kepada para pengendara.

Wasit mengatakan, APPKBL dilakukan sebagai bentuk peduli Kwarcab Pramuka Purworejo untuk membantu menjaga keterlibatan dan kelancaran lalu lintas di masa Lebaran. Hal itu karena di masa menjelang dan setelah Lebaran terjadi peningkatan volume lalu lintas.

“Kami berharap kehadiran anggota Pramuka ini dapat membantu meringankan tugas aparat kepolisian serta masyarakat yang membutuhkan selama musim Lebaran. Semoga dengan kehadiran anggota Pramuka dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta fasilitas umum lainnya,” ucap Wasit. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *