Beranda » LKPP Dorong Pelaku UMKK di Purworejo Jualan Produk Lewat Katalog Elektronik

LKPP Dorong Pelaku UMKK di Purworejo Jualan Produk Lewat Katalog Elektronik

PURWOREJO, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mendorong para pelaku usaha menengah, kecil, dan koperasi (UMKK) di Kabupaten Purworejo untuk melakukan penjualan atau penawaran produk kepada pembeli, terutama kepada dinas instansi OPD melalui katalog elektronik (e-katalog). Hal itu disampaikan oleh Kepala LKPP Hendrar Prihadi saat menghadiri acara  Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Pemberdayaan Produk UMKK pada Pengadaan Barang  di Lingkungan Pemda melalui Katalog Elektronik.

Acara yang digelar di RM ABK pada Kamis (25/4) itu diikuti oleh Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, Pj Sekda Achmad Kurniawan Kadir, segenap pimpinan OPD, serta ratusan pelaku UMKK di Kabupaten Purworejo.

Lebih lanjut, Hendrar menjelaskan dirinya diminta Presiden Joko Widodo untuk menggalakkan gerakan bangga pada produk dalam negeri. Ia juga ditugaskan supaya pemda menggunakan dan membeli produk dalam negeri agar hasilnya dapat dinikmati oleh para pengusaha lokal dan pelaku UMKK.

Tak hanya itu. Menurut Hendrar yang mantan walikota Semarang itu, pihaknya juga bertugas untuk mengatur dan memastikan agar transaksi berjalan lancar, mengingat modal pelaku usaha terutama UMKK terbatas.

Kepala LKPP Hendrar Prihadi

“Kami menyediakan kolam besar berupa e- katalog, silakan dipakai oleh pelaku UMKK dengan harapan pemda bisa membeli produk-produk tersebut. Kami berterima kasih kepada Pemkab Purworejo yang memfasilitasi (kami) bertemu dengan pelaku UMKK. Ini karena masih banyak UMKK yang masih sulit bertransaksi dengan menggunakan e-katalog,” ungkap Hendrar.

Dijelaskan bahwa melalui forum ini pihaknya juga mengenalkan sistem kartu kredit pemerintah. “Jadi barang datang langsung dibayar menggunakan kartu kredit  sesuai dengan jumlah yang harus dibayar,” imbuh Hendrar. Dijelaskan, saat ini ada sekitar 7,5 juta produk yang masuk ke dalam e-katalog. Dari jumlah tersebut, sekitar 75% diantaranya merupakan produk UMKK.

Melalui kegiatan  tersebut, katanya, diharapkan para pelaku UMKK dapat termotivasi dan segera terealisasi dengan adanya transaksi dari pemda kepada pelaku UMKK.

Senada dengan Kepala LKPP, Ketua DPRD Dion Agasi juga menyebutkan, acara tersebut diadakan untuk mendorong pelaku UMKK agar bisa masuk ke e-katalog yang merupakan market place digital. “Ini merupakan tempat jualan supaya produk-produk pelaku UMKK bisa dibeli pemda,” kata Dion. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *