Beranda » Penelusuran Rekam Jejak di Medsos Jadi Materi Seleksi Anggota Paskibraka, di Purworejo Diikuti 214 Peserta

Penelusuran Rekam Jejak di Medsos Jadi Materi Seleksi Anggota Paskibraka, di Purworejo Diikuti 214 Peserta

PURWOREJO, Tercatat sebanyak 214 siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Purworejo yang mendaftar sebagai calon anggota Pasukan Pengibar BendwraPisaka (Paskibraka) Kabupaten Purworejo Tahun 2024. Setelah seleksi administrasi dan kesehatan, mereka mereka mengikuti tahapan selanjutnya yakni ssleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan/Wasbang yang diadakan pada Senin (25/3).

Seleksi diadakan di SMPN 2 Purworejo dengan jumlah peserta masih lengkap. Yakni 154 putra dan 75 putri. Menurut pendamping calon anggota Paskibraka dari Kesbangpol, Teguh Imam Pribadi,  dari jumlah peserta tersebut akan diseleksi sebanyak 30 orang yakni 16 putra dan 14 putri.

“Setelah ini, tahapan berikutnya yakni seleksi intelegensi umum (27-28/3). Lalu setelah Lebaran atau tepatnya tanggal 16 dan 17 April seleksi kesehatan. Berikutnya seleksi Parade (18-19/4), Seleksi Peraturan Baris Berbaris/PBB (22-23/4), Kesamaptaan (24-25/4), dan terakhir Seleksi Kepribadian yang meliputi wawancara penelusuran bakat minat, dan rekam jejak di medsos pada tanggal 26 dan 27 April,” rinci Teguh.

Seleksi Pancasila dan Wasbang

Terkait materi rekam jejak di medsos atau digital, kepada Purworejo News Teguh menyatakan, hal itu menyangkut jejak data yang tertinggal saat seseorang menggunakan internet. “Bentuk jejak digital bisa bermacam-macam, mulai dari situs yang pernah dikunjungi, surel yang dikirimkan, dan berbagai informasi yang sempat dibagikan secara online,” katanya.

Seleksi ini perlu dilakukan, lanjutnya, adalah untuk melihat dan memperhatikan cara bermedia sosial dari para peserta. Termasuk sikap, perilaku, dan juga cara berpikir dari masing-masing peserta. Ditegaskan, melalui postingan di medsos seseorang bisa dilihat konten apa saja yang dibuat termasuk etikanya dalam bermedsos.

Teguh menyampaikan, mulai seleksi Pancasila dan Wasbang, peserta akan disaring dengan sistem gugur. Sehingga pada tahapan seleksi berikutnya jumlah peserta akan semakin berkurang. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *