Beranda » Peringati 121 Tahun WR Soepratman, Generasi Muda Purworejo Gelar Umbul Donga

Peringati 121 Tahun WR Soepratman, Generasi Muda Purworejo Gelar Umbul Donga

PURWOREJO, Umbul Donga digelar di Memorial House of Wage Rudolf (WR) Soepratman Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Senin (18/3) siang. Acara digelar untuk mengenang 121 tahun WR Soepratman yang lahir di lokasi tersebut.

Umbul Donga diprakarsai oleh penggiat seni, budayawan, Kepala Desa Somongari, , Ketua Forum OSIS Kabupaten Purworejo (FOKP) Generasi 8 Kinanthi Zahira Puspita, dan juru kunci Memorial House of WR Soepratman Mbah Panut, dengan Ketua panitia umbul Donga Farra Kamilia Azhari beserta anggota.

Farra menjelaskan, Umbul Donga kali ini dilaksanakan dengan panitia dari FOKP. “Rangkaian acara dimulai dari pembukaan lagu Indonesia Raya diiringi komunitas musik. Kemudian penjelasan secara singkat sejarah rumah WR Soepratman di Somongari oleh Pak Panut, dilanjutkan hening cipta, serta dirangkai dengan tabur bunga di lokasi penguburan plasenta (ari-ari) WR Soepratman,” jelas Farra.

Para peserta Umbul Donga


Adapun Kinanthi menyampaikan, Umbul Donga selain mengirimkan doa juga sebagai upaya mengenang WR Soepratman sebagai pahlawan yang menginspirasi generasi muda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan mengimplementasikan cita-cita besarnya.

“Melalui lagu Indonesia Raya yang diciptakannya, dengan syair bangunlah jiwanya bangunlah raganya, generasi muda punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun jiwa raganya melalui hal-hal yang positif dan bermanfaat,” jelasnya.

Acara yang dimulai pada siang hari itu juga diikuti oleh perwakilan Bagus Roro Purworejo Tahun 2023 serta siswa SD yang melakukan pantomim sebagai bentuk pagelaran seni. Menjelang sore hari acara berakhir. Kinanthi berharap acara tersebut dapat memberi kesan mendalam bagi peserta. (Anggi)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *