Beranda Âğ Kereta Api Moda Transportasi Lebaran Terfavorit, Daop 5 Purwokerto Komitmen Hadirkan Mudik Ceria Penuh Makna

Kereta Api Moda Transportasi Lebaran Terfavorit, Daop 5 Purwokerto Komitmen Hadirkan Mudik Ceria Penuh Makna

PURWOKERTO, Berdasarkan hasil survei dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, kereta api menjadi moda transportasi pilihan terbanyak atau terfavorit  paling diminati pada momen Angkutan Lebaran Tahun 2024. Agka masyarakat yang menggunakan jasa angkutan kereta api mencapai lebih dari 39,32 juta atau 20,30%. Pada posisi kedua, ditempati moda bus dengan sebanyak 37,51 juta atau 19,37% Di posisi ketiga terbanyak yakni mobil pribadi sebanyak 35,42 juta atau 18,29%

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto melalui manajer Humas Feni Novida Saragih menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi pada momen besar Angkutan Lebaran. “KAI Daop 5 Purwokerto berkomitmen menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang maksimal melalui prioritas keselamatan perjalanan KA. KAI Daop 5 Purwokerto telah memastikan kesiapan pelayanan demi pengalaman perjalanan mudik yang penuh kesan dan bermakna,” kata Feni.

Ditambahkan, hal tersebut selain sebagai pondasi pelayanan KAI, juga selaras dengan tema Angkutan Lebaran yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan yakni Mudik Ceria Penuh Makna.

Manajer Humas KAU Daop 5 Feni Novida Saragih

Feni menjelaskan, elama 22 hari Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni 31 Maret sampai 21 April, Daop 5 Purwokerto menyediakan total sebanyak 257.104 tiket Lebaran. Hingga per hari ini yakni Senin (18/3), sudah terjual sebanyak 159.500 tiket atau 62%. Adapun total  operasional perjalanan sebanyak  419. Rinciannya, 330 perjalanan KA regular dan 89 perjalanan KA Tambahan.

“Masih ada tersisa sebanyak 97.604 tiket. Masyarakat diimbau untuk segera merencanakan perjalanan dengan memesan tiket di Access by KAI, website KAI.ID, atau chanel pembelian tiket resmi lainnya. Masyarakat juga dapat memanfaatkan menu Connecting Train pada aplikasi Access by KAI sebagai alternatif perjalanan KA,” kata Feni.

Dijelaskan, Data Daop 5 Purwokerto menunjukkan, angka keberangkatan tertinggi akan terjadi pada H+3 Lebaran atau 14 April 2024 dengan penumpang sebanyak 17.577. Sementara angka kedatangan atau penumpang yang tiba tertinggi di wilayah Daop 5 Purwokerto diprediksi akan terjadi pada H-1 Lebaran atau 9 April yakni 19.029. Namun angka ini masih dinamis karena pemesanan tiket masih terus berjalan.

Calon penumpang kereta

Adapun kereta api Lebaran dengan okupansi tertinggi berdasarkan data per hari ini yakni KA Wijaya Kusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang yang telah mencapai 96%, KA Logawa relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng telah mencapai 85%, dan KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen telah mencapai 84%.

“KAI Daop 5 Purwokerto kembali mengimbau masyarakat untuk membeli tiket KA hanya dari chanel resmi dan menghindari membeli tiket KA melalui pihak-pihak yang membebankan tambahan bea yang tidak wajar. Masyarakat juga diimbau untuk mempersiapkan barang bawaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku demi kenyamanan bersama,” tegas Feni.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *