Beranda » Tahun 2024 PJU Diusulkan 315 Titik, Purworejo Bakal Terang Benderang

Tahun 2024 PJU Diusulkan 315 Titik, Purworejo Bakal Terang Benderang

PURWOREJO,  Tahun 2024 ini, penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Purworejo diusulkan sebanyak 315 titik. Jumlah tersebut mengalami kenaikan tajam dibanding tahun sebelumnya yang hanya 112 titik. Fokus PJU nantinya terutama untuk Poros jalan desa dan kabupaten.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Purworejo Fithri Edhie pada Senin. Ditemui Purworejo News di ruang kerjanya, Fithri yang belum genap dua minggu menjabat Kadishub menjelaskan, 315 jumlah titik PJU tersebut merupakan hasil dari musrenbang dan pokir tahun 2023 yang realisasinya dilakukan tahun ini.

“Ketentuannya kan minimal tiga titik di satu lokasi jalan poros desa atau kabupaten. Realisasinya nanti sekitar bulan Juli Agustus,” kata Fithri. Saat ini, tambahnya, memang masih banyak jalan minim PJU yang salah satunya berakibat banyaknya kecelakaan.

Menurut Fithri, Purworejo Terang Benderang merupakan program pemda yang telah digulirkan beberapa tahun lalu saat Agus Bastian menjabat bupati. “Lampunya pakai LED dan bila jumlah (315 titik) terpenuhi maka program tersebut akan bisa terwujud,” ungkapnya.

Kadinhub Fithri Edhie

Selain PJU, hal lain yang dibahas yakni masih banyaknya miniature circuit breaker (MCB) atau pembatas dan pengaman beban listrik  pada kotak panel yang hilang. Kejadian tersebut, menurut Fithri sudah terjadi sejak dua tahun lalu.

“Sebenarnya harganya tidak mahal, hanya mencapai puluhan ribu per buah. Tapi kalau sering hilang tentu saja merugikan banyak pihak,” kata Fithri. Hilangnya MCB tersebut tidak hanya di panel box jalan kabupaten, melainkan juga di poros jalan provinsi dan nasional, termasuk di wilayah perkotaan.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada  masyarakat untuk ikut serta menjaga PJU bersama serta melaporkan bila melihat ada kejadian pencurian MCB. “Masyarakat bisa melapor ke nomor WA 0813 9219 9685 melalui Simpel Mpu Panjalu atau Sistem Penerangan Lampu Penerangan Jalan Umum,” kata Fithri.

Adapun menjelang lebaran, Dishub Kabupaten Purworejo juga gencar melakukan pengecekan kelaikan kendaraan termasuk angkutan umum. Juga melakukan pengecekan 26 lampu lalu lintas dan lima palang pintu milik pemda yang berada di Desa Bapangsari dan Krendetan Kecamatan Bagelen, Desa Tegalkuning Kecamatan Banyuurip, Desa Bayem Kecamatan Kutoarjo dan di Desa Andong Kecamatan Butuh. (Dia)

Loading

19 thoughts on “Tahun 2024 PJU Diusulkan 315 Titik, Purworejo Bakal Terang Benderang

  1. Tidak usah PJU dulu pak, desa kami (Harjobinangun, Grabag) mungkin satu2nya desa yg jalan kabupatennya belum di aspal, sementara tetangga kami desa Patutrejo ke Barat, Ketawang dst semua sudah mulus. Sepertinya kok desa kami kurang mendapat perhatian Pemkab ya….

      1. Butuh depan SD butuh 1 kebarat sampe jalan ke stasiun butuh timur pasar butuh juga gelap kalo malam cuma penerangan dari warga low bisa dapat jatah dong PJU nya tks

  2. banyak jalan di kabupaten purworejo yang maksih belum layak …perlu pemeratan pembangunan jalan yang merata biar masarakant bisa menikmati jalan yang layak…dilanjutkan dengan Pju biar Aman dan mengurangi angka kriminalitas dan kecelakaan…

  3. Ketika pemasangan listrik di Madin Lintang Songo Kaliwungu Bruno Purworejo,PLN menawarkan 3 PJU kepada pihak Madin,dijawab bila namun sampai sekarang belum ada realisasinya.

  4. Mohon dipasangi lampu PJU Ruas Jalan Tumbakanyar – Banyuasin (Batas DIY).
    Masih banyak banget titik2 yg membutuhkan.
    Apalagi banyak yg sdh terpasang justru dilepasi sak togor2e dgn alasan mengganggu pemasangan jaringan kabel PLN BOB.

  5. Kami warga wirun, yang sering aktivitas melalui antara kutoarjo wirun, bila sore malem tiba antara turunan gunung tugel ngalor gelap sekali, terutama jalan tikungan2, juga bulak soko, bulak kemadu yang kami sampaikan kiranya mendapatkan perhatian khusus dari bpk pimpinan Pln, salam sehat selalu agus purnomo wirun

    1. Kami warga Desa tegalrejo tolong bpk kepala perhubungan smg sukses selalu sy minta yg masuk dari galindu ke Desa Tegalrejo bila malam sangat gelap tdk ada lampu jln mohon kirannya di fasilitasi pak lampu biar tdk gelap gulita bila malam krn banyak pengendara dan bermotor masuk ke sawah mohon kiranya akses yg masuk ke galindu milik Desa Boro dan Desa Tegalrejo mohon kiranya di fasilitasi lampu penerangan jln krn yg jln itu akses utama dr berbagai Desa antara lain Desa Surabyan dan desa lainya lewat jln itu mohon sgr di beri penerangan ,atas perkenannan dan fasiltas lampu sy ucapkan banyak terima kasih smg untuk kemaslahatan bersama dan smg bpk sukses selslu aminn

  6. Mohon pak utk jln kemiri lampunya ditambah sd desa tunggorono krn rawan kecelakaan dan di bulak pacor tunggoro srng ada pembegalan.

  7. Tolong perbatasan kabupaten Purworejo dgn kab kebumen di perhatikan pak… apa Ndak malu kab sebelah terang benderang, kab kita gelap gulita.saya sebagai warga perbatasan sangat malu melihat nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *