Beranda » Lakukan Kunker ke Purworejo, Wakil Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Alsintan

Lakukan Kunker ke Purworejo, Wakil Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Alsintan

PURWOREJO, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani di Kabupaten Purworejo. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Plt Bupati Yuli Hastuti di pendopo rumah dinas Bupati pada Kamis (7/12) sore.

Acara dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto, para staf khusus Mentan, Distanbun Provinsi Jawa Tengah, Direktur Politeknik Pengembangan Pertanian Magelang, Yogyakarta, dan Malang, serta sejumlah pejabat Pemkab Purworejo.

Dalam pidatonya Wamentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, bantuan tersebut sangat penting untuk mempercepat peningkatan produksi dan produktivitas pertanian usai terjadi perlambatan akibat cuaca ekstrem El Nino.

“Kita lakukan percepatan, seperti di Purworejo ini kita lakukan pemberian bantuan alat mesin pertanian agar dapat segera diterima masyarakat sehingga produksi dapat meningkat,” katanya.

Ia menambahkan, perlambatan produksi pangan akibat cuaca ekstrem El Nino perlu disikapi secara cepat dan tepat. Sebab hal tersebut menyangkut ketersediaan pangan masyarakat Indonesia.

Peserta acara penyerahan bantuan alsintan di pendopo kabupaten

Oleh karena itu Wamentan berharap agar program-program bantuan dari Kementerian Pertanian dapat dioptimalkan oleh masyarakat demi mengakselerasi produksi pangan nasional.

“Bagaimana kita mengakselerasi pangan agar jangan surut ya, jangan sampai berkurang ketersediaannya. Jadi perlambatan- perlambatan yang terjadi akibat El Nino kemarin, jangan sampai mengganggu pasokan pangan nasional,” tandas Wamentan.

Adapun Plt Bupati Yuli Hastuti mengungkapkan, Kabupaten Purworejo merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah Bagian Selatan. Karena itu harus selalu mempertahankan dan meningkatkan produksi serta produktivitas pangan.

Dikatakan, untuk mewujudkan visi Kabupaten Purworejo Berdaya Saing 2025, salah satu prioritasnya yaitu meningkatkan daya saing di sektor pertanian. “Kami telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah penyediaan serta pengembangan alat dan mesin pertanian,” katanya.

Yuli Hastuti pun meminta dukungan kepada Wamentan agar produksi pertanian di Kabupaten Purworejo terus meningkat. Ia juga berpesan bagi para petani yang mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian untuk bisa memanfaatkan dan memelihara bersama agar lebih sejahtera. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *