Beranda » Hadiri World Cleanup Day, Wabup Minta Semua Pihak Peduli Kelola Sampah

Hadiri World Cleanup Day, Wabup Minta Semua Pihak Peduli Kelola Sampah

GRABAG, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti mengatakan, saat ini pemerintah terus melakukan kajian dan aksi terkait penanganan sampah. Antara lain terhadap produk-produk yang menghasilkan sampah, sehingga pemerintah memberlakukan kebijakan mengurangi plastik dengan bahan yang bisa didaur ulang. 

“Upaya lainnya adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai penghasil sampah, agar mempunyai kepedulian mengelola sampah yang dihasilkan,” kata Wabup saat menghadiri Gerakan Aksi Bersih-bersih Dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2023 yang dipusatkan di Pantai Ketawang Indah, Kecamatan Grabag, Sabtu (23/9). 

Kegiatan yang diawali apel bersama ini, diikuti berbagai unsur seperti, Danposal TNI AL,  Polsek Grabag, Koramil Grabag, BPBD, Dinporapar, Komunitas Mangrove, Pokdarwis Jaya Ketawang serta Pramuka Saka Kalpataru. 

Lebih lanjut Wabup mengapresiasi semua sukarelawan, organisasi masyarakat, dan pihak-pihak terkait yang telah berperan aktif dalam upaya membersihkan dan menjaga lingkungan kita.

Para pelaku bersih-bersih Pantai Ketawang

Melalui momentum WCD ini, Wabup berharap persoalan sampah dapat tertangani dengan sebaik-baiknya, demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kabupaten Purworejo memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan berbagai sumber daya alam yang kaya dan beragam. Namun, kita juga dihadapkan pada berbagai tantangan lingkungan, termasuk masalah sampah dan polusi. Oleh karena itu, acara WCD ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi juga merupakan panggilan untuk bertindak,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan apel WCD, dilanjutkan dengan aksi nyata pungut sampah plastik di sekitar Pantai Ketawang Indah.

“Untuk  selanjutnya sampah plastik yang sudah  terkumpul akan ditimbang sebagai laporan ke Kementrian LHK disatukan dengan laporan hasil aksi yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah dan instansi-instansi yang sudah terlebih dahulu diberi edaran untuk ikut berpartisipasi,” pungkasnya. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *