Beranda » Bendera Merah Putih Sepanjang 1.001 Meter Dibentangkan Ribuan Warga di Desa Keburuhan Ngombol

Bendera Merah Putih Sepanjang 1.001 Meter Dibentangkan Ribuan Warga di Desa Keburuhan Ngombol

NGOMBOL, Bendera merah putih sepanjang 1001 meter dibentangkan ribuan warga di Desa Keburuhan Kecamatan Ngombol pada Minggu (27/8). Bendera tersebut dibawa dari Pantai Pasir Puncu menuju Lapangan Keburuhan. Selain bendera, gunungan berupa hasil bumi pun mengiringi kirab yang menempuh rute sekitar 700 meter dari tepi Pantai Pasir Puncu menuju lapangan.

Berikutnya bendera 1.001 meter itu mengelilingi barisan tujuh bendera lain dengan panjang masing-masing 101 meter di lapangan tersebut. Adapun tujuh bendera masing-masing berukuran 101 x 3 meter itu dibentangkan oleh 1.400 siswa SMP dan SMA/SMK.

“Ada 1.400 siswa dari SMPN 11, SMPN 30, SMKN 4, SMA Muhammadiyah Kutoarjo dan enam SD yang terlibat dalam pembentangan tujuh bendera selain yang 1.001 meter tersebut,” kata ketua panitia Sutopo kepada Purworejo News saat ditemui di lokasi pada Minggu (27/8) sebelum acara dimulai.

Ia merinci, masing-masing bendera dibawa sekitar 150 siswa SMP dan SMA. “Siswa SMPN 11 membawa tiga bendera, SMPN 30 dua bendera, dan SMKN 4 dua bendera. Adapun pagar betisnya siswa SD,” jelasnya. Sebanyak 14 anggota Koramil Ngombol pun terlibat menjadi petugas yang melepaskan bendera dari gulungan, masing-masing dua orang pada tujuh bendera.

Ketujuh bendera tersebut berada di tengah lapangan dan dikelilingi oleh bentangan bendera sepanjang 1001meter tersebut. Wakil Bupati Yuli Hastuti yang hadir menandai acara pembentangan bendera di Pantai Pasir Puncu dengan memecah kendi. Camat Ngombol Bangun Erlangga Ibrahim beserta forkopimcam pun tampak mendampingi wabup.

Wabup Yuli Hastuti saat akan memecah kendi sebelum kirab bendera

Pembentangan bendera 1001 meter itu diinisasi oleh Yayasan Harmoni Nusantara pimpinan Endang Nanik Purwati yang lahir di Desa Keburuhan dan kini tinggal di Desa Sangubanyu Kecamatan Grabag. Sutopo menyebutkan, bendera tersebut sebelumnya pernah dikibarkan di beberapa wilayah.

Diantaranya di Jakarta, Pekalongan, dan terakhir di bawa ke sini setelah sebelumnya
disimpan di Wonosobo. “Benderanya dibawa ke Purworejo mulai tanggal 22 Agustus dan disimpan di rumah salah satu warga, Suroso yang digulung dalam bentuk roll,” imbuhnya.


Camat Ngombol pun mengungkapkan apresiasi kepada penyelenggara dan kolaborasi semua komponen pemerintah dan masyarakat atas terselenggaranya kegiatan kirab dan Pembentangan 1001 meter bendera merah putih.

“Harapannya acara ini dapat menggelorakan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air di Kabupaten Purworejo. Selain dapat menguatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan masyarakat Kecamatan Ngombol dalam berinovasi dan membangun kemajuan di masa mendatang,” ungkapnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *