Beranda » Siswa SMPN 10 Purworejo Ikuti Penyuluhan Tentang Kesehatan Remaja dan Tabungan Anak

Siswa SMPN 10 Purworejo Ikuti Penyuluhan Tentang Kesehatan Remaja dan Tabungan Anak

GRABAG, Jenjang SMP merupakan masa dimana para siswa mengalami peralihan dari anak-anak ke masa remaja. Berbagai perubahan pun mulai dirasakan, baik perilaku maupun fisik karena hormon pertumbuhan. Untuk memberikan pengetahuan terhadap perubahan tersebut, SMPN 10 memberikan penyuluhan kesehatan remaja kepada semua siswanya. Acara penyuluhan berlangsung di aula sekolah pada Jumat (21/7).

Tak hanya itu, di hari yang sama, sebanyak 32 kader kesehatan putri juga mengikuti penyuluhan tentang reproduksi wanita. Mereka berasal dari perwakilan kelas sebanyak 24 siswi dan delapan lainnya merupakan pengurus OSIS. Baik penyuluhan kesehatan remaja maupun reproduksi wanita disampaikan oleh petugas dari Puskesmas Grabag.

Ditemui Purworejo News saat acara berlangsung, Kepala SMPN 10 Kasinah, M.Pd menjelaskan, kegiatan penyuluhan kesehatan penting diberikan kepada siswa karena mereka sedang berada pada masa peralihan.

“Akan terjadi perubahan baik fisik maupun perilaku siswa saat mereka beralih dari masa anak-anak ke masa remaja. Tugas kami di sekolah adalah memberikan bekal pemahaman dan pengetahuan kepada siswa akan hal tersebut,'” jelas Kasinah pada Jumat (21/7).

Kepala SMPN 10 Kasinah,M. Pd

Dengan adanya pemahaman tersebut diharapkan siswa dapat menjaga kebersihan dan kebugaran badan. Adapun untuk para penyuluh atau kader kesehatan reproduksi wanita, diharapkan mereka dapat menularkan pengetahuan yang didapat kepada teman sebayanya di kelas masing-masing.

Tak hanya mendapatkan penyuluhan, para siswi juga mendapatkan tablet tambahan darah yang akan dibagikan oleh para kader kesehatan.


Selain itu, kegiatan SMPN 10 yang bermanfaat untuk siswa yakni sosialisasi tentang tabungan anak dari Bank Purworejo. “Ini tujuannya agar siswa dapat mulai merancang keuangannya secara sederhana dalam bentuk tabungan yang bisa disisihkan dari uang jajan mereka,” imbuh Kasinah.

Kasinah berharap semua kegiatan yang dilakukan sekolah di awal tahun pembelajaran tersebut dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi siswa dan bisa dikenang sampai nanti mereka melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *