Beranda » Pertama Kali, IKIP dan UM Purworejo Miliki Ikatan Alumni, Sukamto Terpilih Jadi Ketua IKA IKUMPWR

Pertama Kali, IKIP dan UM Purworejo Miliki Ikatan Alumni, Sukamto Terpilih Jadi Ketua IKA IKUMPWR

PURWOREJO, Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) resmi memiliki ikatan alumni untuk mewadahi para lulusannya sejak berdiri dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) pada tahun 1964 hingga menjadi universitas saat ini. Pembentukan Ikatan Keluarga Alumni IKIP dan UMPWR (IKA IKUMPWR) berlangsung dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) dan Reuni Akbar di Auditorium Kasman Singodimedjo UMPWR, Minggu (14/4).

Mubes dan reuni akbar diikuti ratusan alumni lintas angkatan. Hadir antara lain Ketua BPH UMPWR, H. Muh Hamidi, Ketua PDM H. Pudjiono, Rektor UMPWR Teguh Wibowo, bersama para wakil rektor dan dosen. Selain mengesahkan AD/ADRT,  agenda mubes yakni membentuk kepengurusan IKA IKUMPWR. Sukamto, terpilih menjadi Ketua Umum IKA IKUPWR Periode 2024-2026.

Ketua Panitia Mubes dan Reuni Akbar,  Nikmaturrohmah, menyebutkan, kegiatan kali ini merupakan tindak lanjut dari orang mubes yang digelar pada Desember 2023. “Pesertanya  sekitar 180 perwakilan alumni mulai angkatan terlama hingga terbaru,” kata Nikma.

Berdasarkan hasil musyawarah itu, lanjut Nikma, diketahui bahwa sejak berbentuk IKIP hingga beralih menjadi universitas, ikatan alumni belum pernah terbentuk. “Peran alumni sangat penting sehingga harus diwadahi dalam bentuk ikatan alumni yang berfungsi untuk menyambung tali silaturahmi, baik dari alumni angkatan lama maupun angkatan terbaru,” tutur Nikma.

Penyerahan AD/ART IKA IKUMPWR

Ia bersyukur mubes yang diselenggarakan  secara luring dan daring dengan peserta yang konfirmasi mendaftar mencapai 388 alumni dari berbagai daerah dapat berjalan sukses dan lancar. Ditegaskan bahwa mubes dan reuni akbar berlangsung  istimewa karena merupakan yang perdana baik secara kegiatan maupun penggunaan auditorium  pasca renovasi.

Selain itu, ia bersama panitia bersyukur karena pelaksanaan pemilihan ketua umum IKA IKUMPWR berjalan secara denokratis. “Sesuai ADRT Mubes akan digelar setiap dua tahun,” jelasnya.

Adapun Rektor UMPWR Teguh Wibowo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Pihaknya berkomitmen untuk turut mendukung keberadaan ikatan alumni. Salah satunya yakni dengan menyediakan sebuah ruangan di lantai 1 kampus timur yang sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Monggo nanti pengurus alumni terpilih bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Silakan berkoordinasi bisa tiap minggu atau tiap bulan di ruang alumni,” kata rektor yang juga alumni UMPWR itu.

Suasana mubes dan reuni akbar

Diungkapkan, peran alummi sangat penting mengingat kolaborasi antara alumni dengan perguruan tinggi sangat dibutuhkan seiring perkembangan dunia pendidikan. Kurikulum saat ini sudah mengarahkan adanya kolaborasi dengan praktisi, baik bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Masukan alumni juga dibutuhkan untuk pengembangan kurikulum dan akreditasi.

*Di sektor kewirausahaan, kurikulum sekarang mata kuliah tersebut sangat dianjurkan sehingga kami harapkan nanti ada kolaborasi dengan alumni bagaimana menumbuhkan UMKM alumni dan mahasiswa. Kami harapkan ke depan nanti ada sebuah kegiatan bersama,” harapnya.

Ketua Umum terpilih, Sukamto saat ditemui usai acara menyatakan siap menjalankan amanah yang diberikan. Menurutnya, alumni UMPWR yang tersebar di berbagai sektor dan wilayah saat ini memiliki sumber daya yang sangat besar. Pihaknya berharap seluruhnya memiliki rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk menjalankan organisasi sehingga dapat berkontribusi secara optimal bagi almamater.

“Pasca Mubes ini langkah awal yang akan kita lakukan tentu menyusun struktur organisasi. Selanjutnya akan kita rumuskan program-program, apa saja yang akan kita kerjakan,” tandasnya. (Dia)

Loading

2 thoughts on “Pertama Kali, IKIP dan UM Purworejo Miliki Ikatan Alumni, Sukamto Terpilih Jadi Ketua IKA IKUMPWR

  1. Sangat mengapresiasi terselenggaranya mubes di UMPwr
    Mengucapkan “selamat” atas terpilihnya bapak Sukamto sebagai ketua umum IKA IKUMPWR
    Selamat juga untuk pak Teguh dkk selaku inisiator dan motivator kegiatan ini

    1. Saya hadir secara langsung pada acara tersebut, semoga kedepan semakin solid dan sukses untuk IKA IKUMPWR, dan selamat untuk pak Sukamto ketua terpilih periode 2024-2026.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *