Beranda » Rayakan Paskah, GKJ Purworejo Gandeng Forum UMKM Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan ODGJ

Rayakan Paskah, GKJ Purworejo Gandeng Forum UMKM Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan ODGJ

PURWODADI, Toleransi antar umat beragama dalam perayaan Paskah dan bulan Ramadan terjalin indah di Kabupaten Purworejo. Hal tersebut dilakukan oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purworejo Pepathan Nazareth Seren bersama UMKM Kecamatan Purworejo Joyo Mulyo  saat menggelar buka puasa bersama di Panti Rehabilitasi ODGJ Plandi pada Minggu (31/3).

Dalam kegiatan tersebut, para penghuni Panti Rehabilitasi sejumlah 110 ODGJ berbuka bersama dengan anggota GKJ dan pengurus Forum UMKM Joyo Mulyo yang diketuai oleh Agung Riawan. Para anggota UMKM membagikan ratusan menu makanan dan minuman berbuka puasa bagi seluruh penghuni panti.

Pendeta dari GKJ, Lukas Eko Sukoco  menyampaikan bahwa Paskah adalah hari besar umat Kristiani yang biasanya diperingati di dalam gereja. “Tapi kali ini GKJ berkolaborasi dengan Forum UMKM menggelar perayaan di Panti Rehabilitasi Plandi,” kata Lukas.

Dijelaskan bawah aspek lain dari Paskah tidak hanya ke dalam saja namun juga ke luar. Salah satunya yaitu memperhatikan yang berada di panti rehabilitasi. “Tadi pagi kami juga sudah di SLB dan Panti jompo,” terang Lukas.

Pendeta Lukas Eko saat memberikan sambutan

Lebih lanjut dikatakan, Paskah yaitu menerangkan tentang pengorbanan Yesus yang memberi teladan pada semua orang tanpa pandang bulu. “Bagaimana kita mengikuti keteladanan itu menjadi orang tidak larut pada satu ritual saja tetapi pada laku kebaikan kepada semua orang,” ucapnya.

Adapun Agung Riawan menyatakan, pihaknya sangat senang telah digandeng oleh GKJ Purworejo untuk merayakan Paskah dan buka puasa bersama dengan pasien Panti Rehabilitasi Plandi.

“Kami merasa terharu karena bisa mengamalkan Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dan mengamalkan dasar negara yaitu kerukunan antar umat beragama,” ujarnya.

Agung mengungkapkan jika di Panti Plandi masih banyak yang kekurangan khususnya dalam memenuhi kebutuhan finansial untuk merawat para pasien. “Ya semoga banyak saudara kita yang tergerak untuk membantu para pasien agar lekas sehat,” tandasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *