Beranda » Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, Pewarta Purworejo Gelar Malam Resepsi Dihadiri Bupati

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, Pewarta Purworejo Gelar Malam Resepsi Dihadiri Bupati

PURWOREJO, Sebagai puncak rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Pewarta Purworejo menghelat Malam Resepsi pada Rabu (28/2) malam. Acara yang diselenggarakan di Ganeca Convention Hall itu dihadiri Bupati Yuli Hastuti beserta perwakilan jajaran forkopimda, pimpinan OPD, serta mitra dan relasi Pewarta Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah bagi para pemenang lomba jurnalistik, foto, dan video blog, serta kejuaraan tenis meja. Bupati, Kadin Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, dan Ketua Pewarta Daniel Raja Here secara bergantian menyerahkan hadiah berupa piala dan uang tunai kepada para pemenang lomba.

Bupati dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers khususnya yang bertugas di Kabupaten Purworejo, juga berharap agar momentum HPN semakin mendewasakan pers Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, termasuk mengawal Pemilu Serentak 2024 yang baru saja kita jalani,” ucap Bupati. Ditambahkan bahwa pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi oleh insan pers di era digital. Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya untuk mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers.

Ketua Pewarta Purworejo Daniel Raja Here

Bupati pun mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia pers menghadapi tantangan yang sangat besar dengan hadirnya media sosial. Semua orang dari semua kalangan, hampir setiap hari berselancar dan mengakses media sosial. Tak sedikit pula informasi yang membuat kegaduhan, penuh dengan caci maki dan fitnah, yang memecah-belah masyarakat dan bahkan mengancam persatuan bangsa.

“Dalam kondisi demikian, pers harus mampu meluruskan hal yang bengkok, serta menjernihkan kekeruhan yang terjadi. Kita harus yakin bahwa kondisi seperti ini justru akan semakin mendewasakan dan mematangkan kita, serta menjadikan kita tahan uji dari berbagai tantangan,” ujarnya.

Bupati pun berharap agar pers mampu terus berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan agenda-agenda besar bangsa dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Selain itu juga tetap menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas, cepat, akurat, dan tidak terjebak pada sikap pragmatis yang menggerus integritas kita.

Adapun Ketua Pewarta Purworejo Daniel Raja Here menyampaikan, HPN sebetulnya diperingati setiap tanggal 9 Februari. “Namun, tahun ini sengaja kita sesuaikan pelaksanaannya dengan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dan Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo sehingga sejumlah acara kita gelar pasca tahapan pemungutan suara,” jelasnya.

Berfoto bersama seluruh hadirin

Meski serangkaian event HPN yang dipuncaki dengan malam resepsi dimotori oleh paguyuban Pewarta Purworejo, Daniel menegaskan bahwa seluruhnya merupakan milik semua wartawan yang bertugas di Kabupaten Purworejo. “Kami awak media yang tergabung dalam Pewarta Purworejo bersama-sama dengan organisasi kewartawanan lain untuk menggelar berbagai aktivitas. Tujuannya untuk menguatkan kebersamaan sesuai dengan tema HPN kali jni,” tegasnya.

Tidak hanya kegiatan yang bersifat kewartawanan, lanjut Daniel, panitia HPN juga menggelar sejumlah event yang bertujuan untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-163 Kabupaten Purworejo. Beberapa kegiatan juga digelar secara khusus untuk turut berkontribusi menyukseskan Pemilu sebagai tema besar HPN tahun 2024 ini, yakni “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian HPN tahun ini yakni pertandingan Futsal Eksebisi, Lomba Jurnalistik bagi pelajar Piala Ketua Pewarta Purworejo, Lomba Fotografi Piala Kepala Dinas Kominfostasandi Purworejo, Lomba Video Blog Piala Bupati Purworejo. Kemudian bakti Sosial penyaluran beras dan sembako, anjangsana kepada keluarga wartawan Purworejo yang telah berpulang, dan puncak rangkaian HPN berupa Malam Resepsi HPN Pewarta Purworejo Tahun 2024.

Acara dimeriahkan dengan pembagian voucher dari berbagai mitra dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh bupati, diserahkan kepada ketua Pewarta, dengan didampingi oleh forkopimda, kepala OPD dan Mitra. Hal itu sebagai simbol dukungan berbagai pihak kepada para wartawan yang ada di Kabupaten Purworejo. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *