Beranda » Habis Pemilu, Terbitlah Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo

Habis Pemilu, Terbitlah Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, Usai pesta demokrasi pemilu, Pemkab Purworejo langsung tancap gas menggelar rangkaian hari jadi ke-193. Rencananya rangkaian kegiatan akan digelar mulai hari ini, Kamis (15/2) hingga Kamis (4/4)  dengan menampilkan 16 macam acara dari beberapa leading sector.

Dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Pers Center pada Kamis (15/2), Kepala Dinas Kominfostasandi, Yudhie Agung Prihatno menyebutkan, pelaksanaan rangkaian kegiatan hari jadi tahun ini mundur beberapa waktu dari tahun sebelumnya, yang biasanya dimulai awal Februari. Hal itu karena adanya pelaksanaan pemilu sehingga semua kegiatan dilakukan usai perhelatan pesta demokrasi.

Meski demikian, rangkaian kegiatannya lebih banyak dari waktu sebelumnya, yakni 16 acara. Dimulai dari pemasangan umbul-umbul, spanduk, baliho, dan lampu hias mulai hari ini tanggal 15 Februari hingga 10 Maret.

Adapun rangkaian kegiatan penutup hari jadi Kabupaten Purworejo tahun ini berupa Romantic Ramadhan, digelar mulai tanggal 14 Maret hingga 5 April, atau saat pelaksanaan puasa Ramadhan. Kegiatan dilakukan di Amphitheater berupa ngabuburit menjelang berbuka puasa menampilkan berbagai pentas seni.

Adapun kegiatan lainnya juga, hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Seperti disampaikan oleh ketua panitia Stephanus Aan Isa Nugroho. Didampingi Kadin Kominfostasandi dan Kabag Kesra sebagai leading sector kegiatan yakni Andang Nugetahantara, Aan merinci rangkaian acara.

Konferensi pers Hari Jadi Purworejo

Kenduri Agung, digelar pada Kamis (22/2) sore, dilaksanakan secara serentak dari tingkat kabupaten hingga desa dengan membuat tumpeng untuk disantap bersama-sama. Dilanjutkan dengan  ziarah ke makam pendiri Purworejo di Desa Bulus Kecamatan Gebang pada Jumat (23/2) pagi.

Gendhing Setu Legi pada Jumat (23/2) malam menjadi rangkaian hari jadi yang dihelat di Pendopo, dirangkai dengan wayangan pada Sabtu (24/2) malam di rumah dinas wakil bupati, Kutoarjo. Selanjutnya pada Minggu  (25/2) berupa bakti sosial.

Seperti tahun sebelumnya, pemda pun melakukan peresmian Proyek Pembangunan Tahun 2023 ke dalam rangkaian hari jadi Purworejo yang akan dilakukan pada Senin (26/2) di Sport Center Komplek Gor Sarwo Edhi Wibowo. Lalu dilanjutkan Pengetan Jumenangan pada hari yang sama di Pendopo Agung.

Kegiatan lainnya yakni Sidang Paripurna tepat di  hari jadi Purworejo pada Selasa (27/2) pagi di Gedung DPRD. Pasar Tani turut memeriahkan rangkaian kegiatan yang diadakan di hari yang sama di halaman Dinas Ketahanan Pangan Purworejo.

Kadin Porapar Stephanus Aan Isa Nugroho saat menyampaikan paparan kegiatan

Yang menarik, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) menjadi rangkaian Hari Jadi Purworejo yang akan digelar pada Rabu (28/2) malam di Gedung Ganecha Convention. Selain itu Purworejo Expo 2024 pun kembali digelar selama sepekan mulai tanggal 1 hingga 5 Maret di kawasan Alun-Alun Purworejo.

Purworejo Bersholawat juga kembali digelar, kali ini diadakan pada Jumat (1/3) malam di Alun-Alun Purworejo dengan menghadirkan Habib Umar bin Habib Syekh Assegaf. Rangkaian selanjutnya yakni Senam Bersama pada Minggu (3/3) pagi di bagian utara Alun-Alun Purworejo.

Festival WR Soepratman juga digelar pada Rabu (6/3) malam di Gedung Kesenian Purworejo. Selanjutnya puncak hari jadi berupa konser musik Purworejo Spektakuler #2, menghadirkan Guyon Waton dan OmWawes pada Kamis (8/3) malam di Alun-Alun Purworejo.

Sebagai acara pamungkas yakni Romantic Ramadhan tanggal 14 Maret sampai 5 April sore di Amphiteather Alun-Alun Purworejo. Aan berharap acara dapat berjalan dengan lancar dan diikuti oleh seluruh masyarakat Purworejo. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *