Beranda » Ikuti Apel Siaga se-Jawa Tengah, Panwaslu Purworejo Siap Hadapi Titik Kritis Penyelenggaraan Pemilu 2024

Ikuti Apel Siaga se-Jawa Tengah, Panwaslu Purworejo Siap Hadapi Titik Kritis Penyelenggaraan Pemilu 2024

BANJARNEGARA, 14 hari menjelang Pemilu, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menggelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 pada Kamis (1/2). Acara yang diselenggarakan di kawasan Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara tersebut diikuti oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten beserta perwakilan anggota Panwaslu Kecamatan se-Jawa Tengah. Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo hadir lengkap bersama dengan Kepala Koordinator Sekretariat serta 16 Anggota Panwaslu Kecamatan Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat.

Turut menghadiri Apel Siaga Anggota Bawaslu Jawa Tengah, PJ Gubernur yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol, Ketua DPRD Provinsi, Kapolda yang diwakili oleh Kapolres, Pangdam IV Diponegoro yang diwakili oleh Dandim, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi, Kepala BIN, Ketua KPU, Ketua KIP, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin bertindak sebagai inspektur upacara dalam Apel Siaga. Dalam sambutannya Amin mengingatkan kepada seluruh peserta apel bahwa masa tenang merupakan titik kritis bagi penyelenggara pemilu.

“Selama tiga hari, kita harus memastikan tidak ada kampanye, tidak ada politik uang, dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah,” ungkap Amin.

Ketua Bawaslu Purworejo Purnomosidi

Ditambahkannya, tepat pada tanggal 1 Februari 2024 Bawaslu Provinsi Jawa Tengah kembali menegaskan kepada seluruh jajaran pengawas untuk tetap komitmen melakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 dengan sungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan rasa tanggungjawab tinggi. Hal itu demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di Jawa Tengah.

Selain itu, Amin juga berharap seluruh jajaran pengawas pemilu se-Jawa Tengah tidak berhenti untuk melakukan konsolidasi di internal dan membangun komunikasi ke pihak luar dengan baik. “Dan yang tak kalah pentingnya jangan takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas, karena kita melaksanakan perintah berdasarkan undang-undang,” tandasnya.

Ditemui seusai acara, Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Purnomosidi mengungkapkan apel siaga dilakukan sebagai bentuk konsolidasi. Anggota Bawaslu diingatkan untuk tetap konsisten menjalankan tugas-tugas dan fungsinya. “Harapannya pada tanggal 14 Februari mendatang tidak ada masalah, semua berjalan lancar dan damai,” ujarnya.

Apel Siaga ditutup dengan seremonial pemukulan kentongan, pelepasan burung merpati dan balon berwarna putih yang melambangkan kesucian, kebersihan, dan keterbukaan. (Ita)

Loading

One thought on “Ikuti Apel Siaga se-Jawa Tengah, Panwaslu Purworejo Siap Hadapi Titik Kritis Penyelenggaraan Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *