Beranda » Belajar Membuat Berita, 20 Siswa SMPN 33 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Belajar Membuat Berita, 20 Siswa SMPN 33 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BANYUURIP, Sebanyak 20 siswa SMPN 33 Purworejo mengikuti pelatihan jurnalistik. Pelatihan yang diadakan di salah satu ruang sekolah pada Rabu (31/1) itu bertema membangun jiwa literasi melalui jurnalistik. Pelatihan dilakukan bersama medis online Purworejo News. Para peserta berasal dari pengurus OSIS dan pegiat jurnalistik dari kelas 7 dan 8, terdiri atas 15 putri dan lima putra.

Dalam laporannya, ketua penyelenggara pelatihan Siti Juwariyah menyampaikan, kegiatan pelatihan bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik. Yakni melalui standar kompetensi yang menerapkan kode etik jurnalistik, menggunakan bahasa EYD, cara menggali berita dan teknik wawancara, penyuntingan naskah, serta foto jurnalistik.

Adapun Kepala SMPN 33 Muslikhah mengatakan, pelatihan jurnalistik merupakan wadah para siswa untuk menambah ilmu dan ketrampilan. “Mestinya anak-anak yang di sini levelnya naik dari teman-teman yang hari ini tidak ikut pelatihan,” ujarnya.

Para peserta pelatihan

Muslikhah berharap kegiatan pelatihan jurnalistik nantinya akan berlanjut sehingga para siswa dapat mengasah ketrampilan termasuk literasi menulis.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama enam jam para peserta mendapatkan materi berupa teknik penulisan berita, fotografi jurnalistik, dan wawancara. Pematerinya yakni Yudia Setiandini dan Fajria Rahmatasari, keduanya dari media online Purworejo News.
Para peserta dibagi dalam lima kelompok.


Selama pelatihan, peserta banyak melakukan praktek baik penulisan berita, fotografi, maupun wawancara. Yudia mengatakan, melalui metode tersebut diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan terutama saat meliput kegiatan yang diadakan di sekolah. “Semoga para siswa dapat menyerap ilmu yang diperoleh dan dapat bermanfaat, ” tandas Yudia. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *