Beranda » Penggemar Durian Merapat, DKPP Purworejo Gelar Bazar Kamis Sampai Minggu Malam

Penggemar Durian Merapat, DKPP Purworejo Gelar Bazar Kamis Sampai Minggu Malam

PURWOREJO, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo menggelar Bazar Durian selama empat hari, yakni Kamis hingga Minggu (25-29/1). Bazar yang digelar di halaman kantor DKPP itu diikuti belasan petani durian dari sembilan kecamatan penghasil buah berduri itu. Tercatat ada 12 lapak yang disediakan DKPP secara gratis.

Para pedagang membawa ribuan durian lokal Purworejo dari mulai harga Rp 15 ribu hingga Rp 100 ribu di halaman kantor DKPP Jalan Mayjen Sutoyo. Sebagian dari para pedagang menyediakan mika untuk menempati durian yang telah dibuka dari kulitnya dan biasanya dibawa pulang. Selama empat hari, mereka menggelar berbagai jenis durian lokal berbagai ukuran dan rasa mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

Kepala DKPP Hadi Sadsilo menyampaikan, acara bazar durian akan dialokasikan dua kali dalam tahun ini. Kegiatan tersebut menurutnya, diharapkan dapat memfasilitasi pemasaran durian sekaligus memasyarakatkan durian lokal. Selain bazar juga ada festival durian yang diikuti 50 peserta dari sembilan kecamatan dengan harapan juara duriannya nanti bisa disertifikasi sebagai varietas unggul.

Kadin KPP Hadi Sadsila (kanan) mendampingi bupati membuka acara

Disamping itu, DKPP juga menggelar Rumah Pangan Kita pada hari Jumat yang merupakan kegiatan rutin, berupa penjualan produk pertanian dengan harga lebih murah dari pasar. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena ada subsidi pemerintah.

“Yang dijual ada beras, telur, minyak goreng, dan kebutuhan dapur seperti cabai dan bawang,” kata Hadi. Pihaknya juga mengajak kelompok wirausaha pertanian untuk ikut mempromosikan hasil produk mereka. Selain itu pada hari Jumat juga dilakukan pengobatan dan vaksinasi hewan peliharaan gratis termasuk vaksin rabies.

Bupati Yuli Hastuti yang juga hadir serta membuka acara tersebut berharap agar event ini mampu mempromosikan produk durian varietas unggul lokal yang mampu berdaya saing dengan varietas di daerah lain sehingga dapat dikenal secara lebih luas.

Bupati meninjau lapak durian

“Salah satu komoditas hortikultura unggulan di Kabupaten Purworejo adalah durian, disamping manggis dan tanaman obat (biofarmaka). Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas durian, tahun 2023, pemkab mengalokasikan bibit durian sebanyak 1.200 batang atau setara dengan 120 hektare lahan,” ungkap bupati.

Purworejo, kata bupati, merupakan salah satu daerah penghasil durian yang dianggap istimewa karena memiliki ciri khas tersendiri. Namun keistimewaan durian Purworejo itu hanya akan menjadi klaim sepihak, apabila kurang dikenal oleh masyarakat luas.

“Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya agar durian Purworejo benar-benar dikenal dan dicari oleh para penggemar durian di seantero nusantara bahkan mancanagera. Salah satunya, melalui kegiatan yang menarik masyarakat luas utamanya penggemar durian, untuk datang dan berpartisipasi dalam Festival Durian Purworejo ini,” tandas bupati. (Dia)

Loading

3 thoughts on “Penggemar Durian Merapat, DKPP Purworejo Gelar Bazar Kamis Sampai Minggu Malam

  1. Alhamdulillah ad acara yg bagus, sayangx waktu oelaksanaan bertepatan dg puasa tengah bulan lbh2 pd salah satu bulan yg dimuliakan yaitu Rajab.
    Effektuf hanya tinggal 1 hr saja dr 4 hari. Utk kedepan bisa dipertimbangkannpelaksananx. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *