Beranda » Dapat Hibah, Universitas Muhammadiyah Purworejo Launching Perpustakaan Digital Platform Digido

Dapat Hibah, Universitas Muhammadiyah Purworejo Launching Perpustakaan Digital Platform Digido

PURWOREJO, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melaunching digitalisasi platform digido. Launching yang diadakan dalam rangka milad UPT Perpustakaan itu digelar di ruang seminar kampus timur pada Kamis (25/1), dihadiri oleh Rektor Teguh Wibowo serta pimpinan universitas dan fakultas.

Kepala UPT Perpustakaan UMP, Nurmansyah Alami dalam laporannya menyebutkan, pihaknya berhasil mendapatkan dana hibah dari Persatuan Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah sebesar Rp 5 juta. Dana hibah tersebut digunakan untuk membuat 53 buku, berasal dari berbagai fakultas di UMP yang sudah terdaftar dalam platform digido.

Nurman berharap dengan adanya perpustakaan digital minat baca dapat meningkat mengingat buku yang terdaftar dalam platform digido sangat beragam, mulai dari bidang pendidikan, pertanian, peternakan, teknik. “Semua bidang di platform digido ini ada,” katanya.

Terkait perpustakaan digital dirinya berharap agar jumlah bukunya dapat bertambah, juga keanggotaannya yang nantinya tidak hanya dari internal saja, melainkan juga dari masyarakat luas.

Kepala UPT Perpustakaan UMP, Nurmansyah Alami

Adapun Rektor Teguh Wibowo, selain mengapresiasi digitalisasi perpustakaan di kampus UMP karena sudah menjadi kebutuhan bersama, juga mengungkapkan bahwa sekarang memang eranya digital. Selain digitalisasi, Rektor pun berharap adanya perpustakaan virtual di kampusnya mengingat di lingkup Muhammadiyah sudah ada Cyber University.

“Nantinya memang memerlukan gedung baru. Awalnya digital dulu nanti virtual, dan harapannya semua bisa terintegrasi, buku manual bertransformasi ke digital, kalau bisa masuk ke platform digido supaya bisa mudah dikontrol,” ujar Teguh.

Dirinya pun mendukung digitalisasi perpustakaan dan berharap bisa disosialisasikan untuk menumbuhkan budaya literasi. Dalam acara tersebut materi terkait platform digido disampaikan oleh Komisaris Digido, Arif Abdulrakhim. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *