Beranda » Hujan Lebat dan Angin Kencang di Purworejo, Pasar Inis Roboh, Belasan Pohon Tumbang

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Purworejo, Pasar Inis Roboh, Belasan Pohon Tumbang

PURWOREJO, Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Purworejo selama kurang lebih dua jam pada Rabu (3/1) mengakibatkan belasan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Selain itu Pasar Inis yang berada di Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi roboh akibat diterjang hujan disertai angin kencang.

Saat dilakukan pengecekan ke lokasi pada Rabu petang, jalan menuju Pasar Inis ditutup dan diberi pembatas. Penjelasan salah satu pengelola Pasar Inis yakni Alit (40), kepada Purworejo News menyebutkan, selama ini Pasar Inis kondisinya masih bagus.

“Minggu kemarin masih dipakai dan masih ramai. Selama ini setiap hari Sabtu selalu kami bersihkan dan kami cek karena Minggunya kan mau dipakai,” tutur Alit. Ditambahkannya bahwa Pasar Inis sudah beroperasional selama lima tahun. Selama ini selalu dilakukan pemeliharaan dan rutin diperbaiki setiap ada kerusakan kecil. “Kejadian seperti ini baru sekali ini terjadi. Ya kami tidak menyangka akan seperti ini,” imbuhnya.

Pohon tumbang menimpa rumah warga

Selain robohnya Pasar Inis, hujan lebat juga mengakibatkan belasan pohon tumbang dan mengakibatkan pemadaman aliran listrik di beberapa lokasi. Berdasarkan laporan yang berasal dari WAG Kebencanaan Kabupaten Purworejo menyebutkan, pohon tumbang menimpa salah satu rumah warga yakni Romlah RT 02 RW 02 Desa Tepus Kulon Kecamatan Kutoarjo yang mengakibatkan rumahnya rusak berat.

Ranting pohon yang patah juga menimpa rumah salah satu warga di Desa Boro Kecamatan Banyuurip. Pohon tumbang juga mengenai kabel PLN di RT 03 RW 03 Kelurahan Bayem Kecamatan Kutoarjo. Selain itu pohon tumbang yang melintang di jalan terjadi di Jalan Kemiri Bruno, Desa Briyan Kecamatan Ngombol, lalu ruas Jalan Jeketro – Donorejo Kecamatan Kaligesing tepatnya di Dusun Sumbersari.

Di Kecamatan Purwodadi, pohon tumbang terjadi di Desa Bragolan. Pohon tumbang juga sempat menimpa salah seorang pengendara motor yang melintas di Tegal Kuning, TMP Lugosobo Sucen. Beberapa pohon tumbang menimpa jaringan listrik.

Pohon tumbang melintang di jalan

Dalam laporan BPBD Kabupaten Purworejo yang disampaikan kepada pimpinan daerah disebutkan, beberapa pohon tumbang yang menutup akses jalan sudah berhasil ditangani. Termasuk kejadian luapan air hujan yang masuk ke Kantor BRI Kutoarjo, sudah dilakukan penyedotan air bersama Dinas LHP.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Hariyono menghimbau kepada warga masyarakat agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar, terutama bila ada pohon tua atau lapuk untuk segera ditebang.

“Dengan kejadian hujan lebat sore ini, kami sudah menangani 11 titik, terutama untuk membuka akses yang berdampak pada masyarakat luas. Sedangkan yang berada di pekarangan, besok kami lanjutkan mengingat waktu sudah gelap,” tandasnya. (Dia)

Loading

2 thoughts on “Hujan Lebat dan Angin Kencang di Purworejo, Pasar Inis Roboh, Belasan Pohon Tumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *