Beranda » Salurkan Ribuan Bantuan Pemerintah, Bank BRI Purworejo Sinergi dengan DinsosdaldukKB

Salurkan Ribuan Bantuan Pemerintah, Bank BRI Purworejo Sinergi dengan DinsosdaldukKB

PURWOREJO, Bank BRI turut berperan aktif dalam penyaluran program pemerintah yang telah memberikan kepercayaan untuk mendukung dan membantu suksesnya penyaluran tersebut. Program pemerintah yang disalurkan melalui BRI antara lain Bantuan Sosial (Bansos) Sembako, Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Tani, Kartu Nelayan, Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka), dan Kartu Program Indonesia Pintar (PIP).

Dalam melakukan penyaluran Bansos Sembako dan PKH, para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang difasilitasi oleh Bank BRI. Kartu KKS ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan dapat digunakan di ATM serta Agen BRILink terdekat. Apabila dana bantuan sosial tersebut telah cair, otomatis akan langsung ke rekening pribadi KPM penerima untuk selanjutnya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari

Bank BRI bekerjasama dan selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan KB (DinsosdaldukKB) untuk memastikan penyaluran bansos sudah diterima oleh KPM secara transparansi. Dalam penyaluran program Sembako dan PΚΗ, Petugas Bansos BRI Purworejo terjun langsung mengunjungi rumah- rumah KPM penerima bantuan.

Salah satunya yaitu KPM yang memiliki keterbatasan fisik seperti lansia dan penyandang disabilitas. Dengan keterbatasan fisik yang dimiliki mengakibatkan penyaluran bantuan terhambat. Namun petugas bansos secara aktif membantu memberikan kartu ATM serta Buku Tabungan kepada KPM tersebut. Bank BRI juga melakukan edukasi kepada KPM agar selalu menjaga data pribadi perbankan dengan baik.

Petugas Bansos BRI Purworejo mendatangi langsung rumah warga

Selama tahun 2023, BRI Cabang Purworejo telah menyalurkan bansos kepada 10 kecamatan. Yakni Bener, Loano, Gebang, Kaligesing, Purworejo, Banyuurip, Bayan, Ngombol, Purwodadi, dan Bagelen. Penerima bansos merata di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo, termasuk yang akses jalannya kurang mendukung dan jarang dijumpai kendaraan bermotor.

Petugas Bansos BRI Cabang Purworejo tidak hanya fokus kepada KPM yang kurang mampu, namun juga selalu siaga mengunjungi KPM lansia dan penyandang disabilitas setiap tiga bulan sekali. Juga rutin melakukan rekonsiliasi dengan dinas terkait.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan bantuan sosial yang telah dianggarkan oleh pemerintah kepada KPM dapat segera tersalurkan dengan cepat dan tepat. Dengan program bantuan sosial dari pemerintah, BRI membuktikan komitmennya dalam berkontribusi secara nyata dalam menyejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat untuk menyukseskan pemulihan ekonomi nasional. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *