Beranda » Kagama Purworejo Fasilitasi 184 Peserta Gowes Jelajah Menoreh Transit di Kantor Setda

Kagama Purworejo Fasilitasi 184 Peserta Gowes Jelajah Menoreh Transit di Kantor Setda

PURWOREJO, Salah satu rangkaian Dies Natalis ke-74 UGM tahun 2023 adalah Gowes Jelajah Menoreh yang diadakan pada Sabtu (16/12). Gowes endurance ini diikuti 184 peserta menempuh jarak sejauh 145 Km dengan rute Balairung UGM, Wates, Purworejo, Salaman, Borobudur, Muntilan, dan kembali ke Balairung UGM.

Terdapat tiga lokasi check point, yaitu di Wates, Purworejo, dan Balkondes Kembang Limus. Untuk check point di Puworejo mengambil lokasi di lingkungan kantor Setda dengan difasilitasi oleh Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Purworejo.

Ketua Kagama Purworejo, Wasilin merasa terhormat karena beberapa kali kegiatan Gowes dalam rangka Dies Natalis UGM, Kagama Purworejo dijadikan lokasi check point.

Budi Wignyo Sutarto dan Wasilin, kompak


“Kami senang Kagama Purworejo dijadikan check point ke-2. Ini sekaligus bisa untuk menyambung tali silaturahmi antara para alumni UGM di Purworejo dengan lainnya,” ucapnya. Ia menambahkan, Kagama punya moto “guyub rukun migunani” sehingga antar alumni selalu menjaga silaturahmi.

Panitia Gowes Jelajah Menoreh, Budi Wignyo Sutarto (71) kepada Purworejo News menyebutkan, kegiatan bersepeda jarak jauh seperti ini telah dimulai sejak tahun 2013 dengan rute Surabaya Jogja.

“Berikutnya tahun 2014 rute Bandung-Jogja, tahun 2015 Malang-Jogja, tahun 2016 Jepara-Jogja, tahun 2017 Pangandaran-Jogja, tahun 2018 Jelajah keliling Merbabu, tahun 2019 Sepeda Lipat 100K, tahun 2020 Gowes Virtual, tahun 2021 Hybrid Cycling 72K, dan tahun 2022 GaMaGo100K,” rinci dosen UGM yang juga pengurus PP Kagama.

Menurut Budi, kegiatan gowes endurance ini bertujuan untuk memasyarakatkan kegiatan olah raga, sehingga disela-sela kesibukan tidak melupakan untuk berolah raga. “Sekaligus untuk menjalin silaturahmi bagi para goweser dengan para alumni UGM atau Kagama yang tersebar di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sebagian peserta bersiap melanjutkan gowes ke Salaman

Dalam setiap kegiatan gowes, menurutnya, sekaligus dilakukan untuk mengunjungi pengurus Kagama di beberapa daerah. “Ini ajang silaturahmi dan mengenalkan bahwa alumni UGM itu akrab dan baik-baik,” lanjutnya.

Dalam gowes ini, para peserta start dari Bulaksumur pukul 06.00 dan diharapkan tiba kembali di tempat yang sama paling cepat pukul 14.00 dan paling lambat pukul 16.00. Peserta juga dikawal dengan fasilitas lengkap berupa bus dan juga tim medis, teraphis, teknisi, serta mobil untuk loading.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Bupati Purworejo dan Kagama Purworejo yang telah memberikan izin area Setda untuk digunakan sebagi lokasi check point Purworejo. Mewakili peserta, dirinya pun mengapresiasi Kagama Purworejo yang telah menyambut peserta Gowes dan menyediakan jamuan di check point ke-2 ini. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *