Beranda » Jabatan Bupati Purworejo Diserahterimakan, Yuli Hastuti Siap Lanjutkan Tugas Agus Bastian

Jabatan Bupati Purworejo Diserahterimakan, Yuli Hastuti Siap Lanjutkan Tugas Agus Bastian

PURWOREJO, DPRD Kabupaten Purworejo menggelar sidang paripurna yang dipimpin oleh ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi dengan agenda Pengusulan Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati Purworejo menjadi Bupati Purworejo Sisa Masa Jabatan 2021 2026. Sidang digelar pada Rabu (8/11) di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD. Hadir dalam sidang paripurna tersebut yakni Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti, para wakil ketua DPRD, Sekda Purworejo Said Romadhon, unsur forkopimda, Anggota DPRD Purworejo dan para kepala OPD.

DPRD Kabupaten Purworejo sepakat untuk mengusulkan pengangkatan dan pengesahan Yuli Hastuti sebagai Bupati Purworejo secara definitif, ditandai dengan persetujuan seluruh anggota DPRD yang hadir.

Dalam sambutannya, Yuli Hastuti mengucapkan terima kasih dan menjelaskan bahwa terhitung sejak tanggal 3 November 2023 dirinya menggantikan tugas untuk meneruskan tampuk kepemimpinan di Kabupaten Purworejo sebagai Pelaksana Tugas Bupati Purworejo. Hal itu dilakukan menyusul pengunduran diri Agus Bastian sebagai Bupati Purworejo.

Yuli menambahkan, menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 173 ayat (4) diamanatkan bahwa DPRD Kabupaten/Kota menyampaikan usulan pengangkatan dan pengesahan wakil bupati/wakil walikota menjadi bupati/walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada Menteri melalui Gubernur untuk diangkat dan disahkan sebagai bupati/walikota

Sidang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua DPRD beserta para wakil ketua, disaksikan secara langsung oleh Plt Bupati Purworejo dan semua yang hadir.

Dion Agasi memberikan ucapan selamat kepada Yuli Hastuti

Selanjutnya pada siang hari sekitar pukul 13.00, jabatan Bupati Purworejo diserahterimakan dari
Agus Bastian kepada Yuli Hastuti di Pendopo Kabupaten Purworejo. Dalam kesempatan itu, Agus Bastian juga menyerahkan buku Memori Jabatan kepada Yuli Hastuti.

Acara dihadiri oleh Kepala Biro Pemerintahan OTDA dan Kerjasama yang mewakili Pj Gubernur Jawa Tengah Muhamad Masrofi, jajaran forkopimda, Sekda Purworejo Said Romadhon, para staf ahli bupati, asisten sekda, dan kepala OPD.

Dalam sambutannya, Yuli Hastuti mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi dedikasi serta kerja Agus Bastian. “Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Daerah, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setulus-tulusnya atas dedikasi dan kerja keras Bapak Agus Bastian selama memimpin Kabupaten Purworejo,” ucapnya.

Yuli juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat kehilangan atas pengunduran Agus Bastian sebagai Bupati Purworejo sebelum masa jabatannya berakhir. Menurutnya, banyak capaian dan keberhasilan yang berhasil diraih. Meskipun masih ada kekurangan yang tentunya disempurnakan bersama.

Pada kesempatan itu Yuli meminta untuk semua para kepala OPD maupun seluruh aparatur Pemkab Purworejo dapat bekerja sama. Yuli berharap dalam melanjutkan tugas untuk sisa masa jabatan.

Agus Bastian saat menyampaikan sambutan

Muhamad Masrofi dalam sambutannya mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jateng mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya terutama untuk Bupati Purworejo yang memimpin selama dua periode, atas pengabdian yang telah dilaksanakan di Kabupaten Purworejo.


Ia berharap program pemerintah dapat dilanjutkan, terutama penanganan kemiskinan ekstrem dan penurunan kasus stunting, sebab dua hal itu saling berkaitan.

Sementara itu Agus Bastian mengungkapkan rasa syukurnya karena Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Purworejo terlaksana dengan baik. Ia juga berpesan agar Yuli Hastuti dapat melanjutkan program dan kegiatan yang belum terlaksana bersama stakeholder.

“Alhamdulillah secara umum janji saya dan Bu Yuli yang dituangkan dalam visi dan misi Pemerintah Kabupaten Purworejo telah terlaksana dengan baik. Dengan pengalaman selama tujuh tahun memimpin Purworejo bersama saya, saya yakin Ibu Yuli dapat menuntaskan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan,” pungkasnya. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *