Beranda » Kekeringan Melanda Purworejo, Permintaan Droping Air Bersih ke PDAM Melonjak Tajam

Kekeringan Melanda Purworejo, Permintaan Droping Air Bersih ke PDAM Melonjak Tajam

PURWOREJO, Kekeringan yang melanda wilayah Purworejo akibat El Nino membuat masyarakat banyak yang kekurangan air bersih. Permintaan air bersih ke PDAM dalam sebulan terakhir ini pun melonjak tajam. Bahkan dalam sehari tiga mobil tangki milik PDAM masing-masing bisa melayani hingga lima kali ke lokasi yang berbeda.

“Padahal biasanya kami jarang sekali melakukan droping air. Tapi di musim kemarau ini luar biasa permintaan droping air bersihnya,” kata Kaur Administrasi PDAM, Rudi Rismantoro saat dihubungi Purworejo News pada Rabu (4/10). Saat ini Rudi bertugas mengurusi mobil tangki untuk droping air bersih.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengirim ratusan kali droping air bersih ke berbagai wilayah yang dilanda kekeringan ekstrem di Kabupaten Purworejo. “Beberapa wilayah seperti Desa Sudimoro, Donoranti, Hargorojo yang lokasinya jauh sudah berkali-kali dikirim air bersih,” katanya.


Ditambahkannya, satu tangki berisi 4.000 liter air yang diambil dari Bendung Boro atau tempat pengolahan treatment pipa air di Kutoarjo. Adapun harga per tangki, katanya, tergantung dari jarak pengiriman. ” Kalau dekat Rp 252.500. Tapi kalau jauh seperti wilayah Kaligesing atau Bagelen Rp. 307.500,” rincinya.

Selain atas permintaan mandiri dari desa, pihaknya juga kerap kali mengirim droping air dari berbagai komunitas atau paguyuban. Seperti yang dilakukan oleh alumni SMAN 1 yang tergabung dalam Muda Ganesha (MG), telah mengirimkan 50 tangki air bersih ke 20 desa di empat kecamatan.

Terkait mekanisme permintaan, lanjut Rudi, calon pemohon dapat langsung menghubungi atau datang ke Kantor PDAM di Jalan Jendral Sudirman nomor 101 (depan RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo). Setelah mendaftar dan membayar, layanan droping air bersih segera diproses.

“Nanti tergantung situasi dan kondisi. Untuk pengisian air dibutuhkan waktu antara 30 menit hingga satu jam tergantung antrean. Kami layani secepatnya,” imbuh Rudi. Adapun syarat untuk droping air bersih yakni adanya kolam penampungan di lokasi yang mudah dijangkau.

Ia pun menjamin air bersih yang dikirim aman seperti halnya air bersih yang didroping ke pelanggan PDAM. Selain itu juga pasokan air bersih tetap tersedia meski musim kemarau masih terus berlanjut.

“Kami tidak ada batas maksimal pengiriman air bersih. Monggo bagi yang membutuhkan bisa menghubungi kami di nomor 0813 2813 3176 atau datang langsung ke kantor, In syaa Allah segera kami layani,” pungkasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *