Beranda » Resepsi Kenegaraan HUT ke-78 RI di Purworejo Berlangsung Khidmat tapi Meriah

Resepsi Kenegaraan HUT ke-78 RI di Purworejo Berlangsung Khidmat tapi Meriah

PURWOREJO, Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar resepsi kenegaraan peringatan HUT ke-78 RI di pendopo kabupaten, Senin (28/8). Resepsi dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, Forkopimda, kepala OPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, veteran serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan generasi muda.

Resepsi dimulai pukul 10.03 WIB dengan welcome dance tari Gambyong oleh Sanggar Tari Mardhika. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Purworejo dan hening cipta. Setelah itu penyerahan trofi oleh Bupati  kepada para peraih prestasi dan kejuaraan. 

Acara berlangsung khidmat tapi meriah. Selain penyerahan tali asih oleh Wabup untuk para veteran, juga ditampilkan tari dolalak dari grup Arumanis Desa Pacor, Kecamatan Kutoarjo, dan pantomim dari SMPN 8.

Tari Dolalak dari Pacor

Bupati mengatakan kemerdekaan merupakan hak istimewa yang tak ternilai harganya, namun juga membawa tanggung jawab besar. Tanggung jawab itu bukan hanya terletak pada pemerintah, tetapi semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan Indonesia menjadi negara yang adil, makmur, dan sejahtera. 

“Saat ini adalah saat yang tepat untuk merenungkan kembali sejauh mana kita telah berkontribusi positif dan berbuat lebih banyak lagi bagi bangsa ini. Saya mengajak kita semua untuk menjadikan peringatan Hari Kemerdekaan ini sebagai titik tolak yang penting dalam menguatkan semangat persatuan dan kesatuan,” tandasnya. 

Bupati juga mengajak masyarakat Purworejo untuk menjaga persatuan, kesatuan dan kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. 

“Mari kita leburkan perbedaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, karena  dengan persatuan dan kebersamaan, kita dapat mengatasi berbagai tantangan. Bekerja keras demi mencapai cita-cita yang telah dicanangkan oleh para pendahulu kita dan meraih kemajuan berkelanjutan untuk negeri ini,” pesannya.

Penyerahan trofi kepada pemenang lomba

Menurut Bupati, tugas kita adalah menjaga dan memajukan nilai-nilai tersebut agar kita bisa mengatasi setiap rintangan yang kita hadapi. Hal itu selaras dengan tema Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia yakni 

”Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo yang telah melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik  Indonesia ini dengan penuh kesadaran dan kebersamaan,” ungkapnya.

Bambang Susilo selaku Ketua Panitia melaporkan, rangkaian kegiatan bertujuan agar rakyat bersatu untuk mengenang jasa pahlawan-pahlawan nasional yang telah berkorban demi kemerdekaan dan kejayaan negara. 

”Selain itu juga sebagai ajang untuk mengingat kembali nilai-nilai kebangsaan, persatuan, dan toleransi yang menjadi pondasi negara Indonesia,” katanya. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *