Beranda » Semprotkan Cairan Merah Putih, Satpol PP Damkar Bikin Basah Penonton Karnaval Purworejo

Semprotkan Cairan Merah Putih, Satpol PP Damkar Bikin Basah Penonton Karnaval Purworejo

PURWOREJO, Karnaval SMA/SMK/MA dan Umum yang berlangsung pada Sabtu (26/8) siang berlangsung meriah. Pada pembuka karnaval, peserta dari Satpol PP dan Damkar menyemprotkan cairan berwarna merah dan putih secara vertikal ke udara. Tak hanya itu, tim Damkar itupun lalu menyemprotkan cairan tersebut ke arah penonton yang menyemut di sepanjang Jalan Proklamasi. Sontak atraksi tersebut mendapatkan sambutan meriah dan membuat riuh ribuan penonton yang basah karena tak menyangka akan mendapat “bonus” tersebut.

Kemeriahan lain yakni saat DP3APMD membagikan ratusan balon. Tak pelak para penonton terutama anak-anak merangsek ke area karnaval berebut balon yang dibagikan.

Peserta karnaval lain yang membagikan produk kepada penonton adalah dari Dinas Sosial PPKB dan Dinas Kesehatan, yakni berupa telur masing-masing 500 dan 3.000 butir. Juga Dinas LHP yang membagikan ratusan bungkus garam yodium kepada penonton adan menjadi rebutan.

Penonton karnaval juga dihibur dengan atraksi dari para peserta. Seperti SMK PN dan PN 2 yang salah satu pesertanya melakukan atraksi menarik mobil dengan menggunakan gigi. SMK PN dan PN 2 juga menampilkan drumb band yang cukup atraktif.

Aksi K9, anjing pelacak Polres Purworejo

Penampilan atraktif lainnya juga disuguhkan oleh peserta karnaval dari Purworejo Inline Skate (PIS). Sekitar 100 anak-anak dengan memakai in line skate (sepatu roda) dan kostum aneka macam, beraksi dengan melewati lintasan segaris. Atraksi mereka membuat decak kagum penonton yang memberikan aplaus kepada mereka.

Karnaval juga diikuti oleh Induk Disabilitas Purworejo (IDP). Mereka mendapatkan apresiasi dari para tamu undangan dan penonton atas partisipasinya mengikuti karnaval.


Karnaval umum dan SMA/SMK/MA yang diikuti 43 peserta tersebut disaksikan oleh Bupati Agus Bastian bersama Wakil Bupati Yuli Hastuti serta Sekda Said Romadhon dan Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani. Hadir pula Kapolres AKBP Victor Ziliwu dan Dandim Kol Inf. Yohanes Heru Wibowo yang sebelumnya menjadi peserta karnaval.

Selain 43 peserta, ada enam kelompok pembuka karnaval. Yakni Dinporapar, Kodim, Polres, Dishub, Satpol PP dan Damkar, serta PP Pancamarga. Kodim dan Polres menerjunkan sejumlah kendaraan taktis dan operasional dalam karnaval tersebut.

Bupati melepas peserta karnaval

Polres Purworejo pun sempat menampilkan demo cerdasnya K9, anjing pelacak yang mampu mengendus keberadaan sabu yang disimpan di dalam tas.

Berbeda dengan karnaval tingkat PAUD dan TK serta SD dan SMP, hampir semua peserta memberikan kenang-kenangan kepada wakil bupati. Namun pada karnaval kali ini tak satupun peserta yang memberikan kenang-kenangan kepada bupati.

Meski begitu semua peserta memberikan penampilan terbaik kepada bupati dan tamu undangan lain berupa atraksi-atraksi khusus. Karnaval yang dimulai pada pukul 13.00 pun berjalan tiga jam lebih karena baru berakhir pada pukul 16.10.

Sesuai dengan tema karnaval yakni Colorfull Purworejo, hampir semua peserta menampilkan kearifan lokal. Yakni berupa tari Dolalak serta tokoh wayang, juga aneka buah dan makanan khas. Selain itu kostum khas karnaval yang elegan juga ditampilkan beberapa peserta karnaval kali ini.

Atraksi Inline Skate Purworejo

Berikut 43 peserta karnaval tingkat SMA/SMK/MA dan Umum:
1. Setda
2. SMA Pancasila
3. Kecamatan Pituruh
4. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah
5. Dina KUKMP
6. Din Perintransnaker
7. Iwan Jaya Cell
8. SMK Kesehatan
9. SMK TKM Teknik
10. Induk Disabilitas Purworejo
11. Dindikbud

12. DP3APMD
13. Ibisa
14. Inspektorat
15. BPBD
16. Dukcapil
17.BKDSDM
18.MAN
19. Sekwan
20. PUPR
21. Kesbangpol
22. Kecamatan Bagelen

23. SMK PN dan PN 2
24. SMK YPP
25. BPKPAD
26. SMAN 7
27. Timor-er
28. Dinsos PPKB
29. Bappedalitbang
30. Purworejo Inline Skate
31. SMAN 5

32. UMP
33. SMK Batik Perbaik
34. Dinas Lingkungan Hidup dan Kelautan
35. SMK Muhammadiyah
36. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian
37. RSUD RAA Tjokronegoro
38. RSUD dr Tjitrowardojo
39. Dinas Kesehatan
40. Dinas Perkimtan
41. PMPTSP
42. RAPI
43. Ikatan Guru RA Kemenag. (Yud)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *