Beranda » Pesertanya 55 Pejabat, Wabup Buka Lomba Pidato Bahasa Jawa

Pesertanya 55 Pejabat, Wabup Buka Lomba Pidato Bahasa Jawa

PURWOREJO, Pemerintah Kabupaten Purworejo, Selasa (15/8) menggelar Lomba Pidato Bahasa Jawa bagi pejabat dan kepala perangkat daerah. Seluruh peserta dalam lomba yang berlangsung di ruang Arahiwang Setda Purworejo itu mengenakan pakaian adat Jawa. 

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti yang membuka lomba mengatakan, kebudayaan Jawa terkesan semakin ditinggalkan oleh masyarakat Jawa. Salah satu penyebabnya adalah perubahan zaman yang sangat cepat.  

“Banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa dengan baik, termasuk pejabat pemerintahan,” katanya dalam Bahasa Jawa. 

Hal ini menurut Wabup dinilai sangat memprihatinkan, karena budaya Jawa bahkan sudah ditinggalkan oleh masyarakat Jawa itu sendiri. “Padahal justru banyak orang asing yang ingin mempelajari budaya Jawa, karena berbeda dengan suku lain,” ucapnya.

Staf Ahli Bupati, Rita Purnama, saat tampil

Lebih lanjut disampaikan, dalam budaya Jawa diajarkan tata cara bertutur kata yang sopan kepada orang yang lebih tua, anak muda, atau kepada orang lain. Budaya Jawa juga memiliki tarian, nyanyian, dan permainan tradisional yang bagus.

“Saya harap kita semua dapat melestarikan budaya Jawa, termasuk bahasa Jawa, agar tidak hilang dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang,” harapnya. 

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku penyelenggara Eny Sudiyati mengatakan tujuan diadakan lomba pidato bahasa Jawa adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di lingkungan pejabat Pemkab Purworejo. 

Lomba diikuti oleh 55 peserta yang seluruhnya pejabat Pemkab Purworejo. Peserta membawakan pidato yang berisi tiga tema yaitu, Tresno Dumateng Bumi Pertiwi Indonesia, Gemah Ripah Loh Jinawi Indonesia dan Tepo Seliro Lan Gotong Royong. Pemenang lomba akan diumumkan pada saat acara Resepsi HUT ke-78 RI di Pendopo Kabupaten 28 Agustus mendatang. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *