Beranda » Diikuti Ratusan Anggota Pramuka, SMPN 32 Jadi Lokasi Ulang Janji Tri Satya Kecamatan Kemiri

Diikuti Ratusan Anggota Pramuka, SMPN 32 Jadi Lokasi Ulang Janji Tri Satya Kecamatan Kemiri

KEMIRI, Ratusan anggota pramuka dari berbagai instansi dan sekolah di Kecamatan Kemiri berkumpul di SMPN 32 untuk mengikuti upacara ulang janji Tri Satya. Upacara yang merupakan sebagai salah satu rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-62 Pramuka tersebut dilakukan pada Minggu (14/8) malam.

Ada 10 anggota penggalang SMP Negeri 32 Purworejo yang terpilih untuk mengucapkan Dasa Dharma Pramuka dalam upacara tersebut. Mereka memegang obor yang menerangi langit malam di halaman sekolah yang lokasinya berdekatan dengan hutan jati.

Kepala SMPN 32 sekaligus kamabigus, Agung Setiono, M.Pd menyatakan, upacara ulang janji yang dipusatkan di sekolahnya memiliki tujuan untuk mengukuhkan kembali tekad dan semangat para anggota pramuka dalam menjalankan tiga janji atau Tri Satya.

Selain upacara ucap janji, anggota Penggalang SMPN 32 juga menampilkan pertunjukan. Mereka dengan penuh semangat mempresentasikan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan dalam beberapa bulan terakhir.

Peserta sarasehan Hari Pramuka ke-62

Mulai dari latihan upacara, kegiatan kebersihan lingkungan, hingga latihan untuk menampilkan atraksi kepramukaan, dipimpin oleh selaku Ketua Kwaran Kemiri Suhardi dan Koordinator Dewan Kerja Ranting (DKR) Jaya.

Adapun upacara ucap janji dihadiri oleh forkompimcam Kemiri, Korwilbidikcam Waris, S.Pd., M.Pd., serta tokoh masyarakat dan komite. Selain itu juga Kamabigus SMA/SMK/SMP/MTs/SD, Pembina Pramuka, dan peserta upacara penggalang dan penegak se-Kecamatan Kemiri.

Dalam waktu yang bersamaan para majelis pembimbing (mabi) kwaran, komite dan tokoh masyarakat, mengadakan sarasehan malam ulang Janji. Peserta lainnya yakni Kamabigus dan Pembina pramuka dari SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK se-Kecamatan Kemiri

Waris yang memimpin acara sarasehan pun mengingatkan para peserta untuk tetap teguh menepati janji dalam Tri Satya dan mengamalkan dasa dharma. ‘Upacara ulang janji pramuka ini tidak hanya sekadar ritual formal. Tetapi juga merupakan momen berharga yang mengukuhkan komitmen para pramuka untuk terus berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ujar Waris. (Dia)

Loading

3 thoughts on “Diikuti Ratusan Anggota Pramuka, SMPN 32 Jadi Lokasi Ulang Janji Tri Satya Kecamatan Kemiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *