Beranda » Pencak Silat Jadi Ekstrakurikuler Unggulan di M.Ts N 1 Purworejo

Pencak Silat Jadi Ekstrakurikuler Unggulan di M.Ts N 1 Purworejo

PURWOREJO, Salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang paling diminati di M.Ts Negeri 1 Purworejo yakni pencak silat. Olah raga bela diri ini bahkan telah membawa salah satu atletnya yakni Cantika Aliffiana Pusvitasari menjadi juara di ajang kejuaraan internasional yang digelar di Bali dan Bandung tahun lalu.

Seperti dituturkan oleh pengampu ekstra kulikuler Abtik Sutantriati, S.Pd, pada tahun 2022 lalu ada 125 siswa yang bergabung mengikuti latihan pencak silat.

“Dari jumlah tersebut, lebih dari separuhnya yang intens latihan, termasuk Cantika yang sudah dua kali mengikuti kejuaraan internasional di Bali dan Bandung,” ucap Abtik saat ditemui di sekolah pada Rabu (2/8).

Selain Cantika, ada juga Septy Dewi Lestari yang juga beberapa kali mengikuti kejuaraan. Para siswa latihan di lapangan sekolah setiap Rabu sore dengan instruktur silat handal, H. Muslimin.

Cantika, atlet pencak silat yang membawa harum nama M.Ts N 1 Purworejo

Kepala M.Ts N 1, Dr. Munawir pun mendukung siswanya mengikuti ekskul sesuai dengan bakat minatnya. Selain pencak silat ada tujuh ekstra kulikuler lain yang juga banyak diminati, termasuk hadroh.

“Adanya ekskul pencak silat di sekolah ini kan salah satu tujuannya yakni untuk melestarikan bela diri tradisional asli Indonesia. Selain untuk bela diri, siswa juga dapat meraih prestasi melalui pencak silat, baik melalui Popda maupun kejuaraan lain,” kata Kamad Munawir.

Bentuk dukungan sekolah, seperti yang sudah dilakukan kepada Cantika, yakni membiayai akomodasi lomba internasional serta memberikan uang pembinaan saat menjadi juara.

Munawir berharap pencak silat dapat terus menjadi ekskul unggulan yang dapat menjadi ikon maupun tradisi juara sehingga dapat membawa nama M.Ts N 1 di berbagai event kejuaraan. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *