Beranda » Wabup Buka Pameran “Museum Dolan Purworejo”

Wabup Buka Pameran “Museum Dolan Purworejo”

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti membuka secara resmi Pameran Keliling Museum Jateng Ranggawarsita yang dilaksanakan mulai tangga 18-22 Juli 2023. Pembukaan pameran ditandai dengan pemotongan pita, di Ganeca Convetion Hall, Selasa (18/7). 

Turut hadir Dandim 0708/Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Wakapolres Kompol Fadli, Kepala Museum Ranggawarsita Joko Nugroho Wicaksono serta  Forkopimcam Kecamatan Purworejo.

Wabup menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pameran  bertajuk Museum Dolan Purworejo dengan tema Menjaga Budaya Menjaga Bangsa. 

”Museum adalah jendela masa lalu. Sejarah perjalanan peradaban manusia ataupun masyarakat suatu bangsa dapat kita dilihat dari museum-museum yang ada. Keberadaan museum adalah tolak ukur kesadaran masyarakat dalam menjaga sejarah, tradisi, dan budayanya,” katanya.

Wabup bersama kepala Museum Ronggowarsito dan Forkopimda

Wabup mengingatkan adanya tantangan bagi kita semua agar museum bisa berfungsi sebagai media informasi sejarah dan budaya bangsa, dan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan barang-barang antik dan kuno yang tidak dipergunakan lagi.

“Kegiatan pameran ini insyaallah akan menjadi momentum yang strategis untuk merefleksikan sejarah dan budaya bangsa serta memberikan wawasan dan gambaran akan nilai-nilai luhur bangsa,” tegasnya.

Selain itu, kata Wabup, juga dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang kronologis sejarah, keragaman budaya dan tradisi, serta menumbuhkan sikap kritis terhadap nilai-nilai sejarah, serta memperkuat ketahanan budaya.

Kepada masyarakat Purworejo, Wabup mengajak untuk mendukung dan menyukseskan acara ini. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *