Beranda ยป Panwascam Purworejo Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipastif, Fokus Pencegahan Politik Uang

Panwascam Purworejo Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipastif, Fokus Pencegahan Politik Uang

PURWOREJO, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purworejo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di Hotel Ganesha Purworejo pada Kamis(19/9). Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber penting, yaitu Lurah Purworejo Singgih Purwanto, Camat Purworejo Bagas Adi Karyanto, dan jurnalis Kompas TV Hantoro. Acara tersebut dihadiri oleh 50 peserta, dengan mayoritas perwakilan dari Kampung Brengkelan, Kelurahan Purworejo. Kampung tersebut telah dinobatkan sebagai Desa Anti Politik Uang oleh Bawaslu Purworejo pada Tahun 2019.

Dalam paparannya, Lurah Purworejo Singgih Purwanto menekankan pentingnya mencegah politik uang. “Terutama untuk masyarakat kampung Brengkelan, agar dapat menjaga komitmen menjadi desa anti politik uang,” ungkap Singgih.

Singgih berharap dalam Pilkada mendatang tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, ia juga berharap agar wilayah lain dapat mengikuti komitmen untuk menjadi Desa Anti Politik Uang.

Sementara itu, Camat Purworejo Bagas Adi Karyanto menyampaikan peran penting camat dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada, khususnya dalam mendukung tugas Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panwascam Purworejo. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan PPK tentang rencana penyimpanan logistik Pilkada,” jelas Bagas.

Panwascam Purworejo bersama narasumber dan peserta sosialisasi

Sebagai narasumber terakhir, Hantoro dari Kompas TV menjelaskan peran media sebagai fungsi kontrol sosial. “Media tidak hanya bertugas menyebarkan informasi, tetapi juga berperan sebagai transmisi nilai untuk mencerdaskan masyarakat. Jurnalis memiliki kewajiban untuk menjunjung tinggi kebenaran, dengan loyalitas pertama mereka selalu kepada masyarakat,” katanya.

Nuryaddin berharap sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada.”Sampaikan pada kami jika bapak ibu menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan Pilkada,” pungkasnya. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *