Beranda » Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinpusip Purworejo Launching Titik Baca Digital

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinpusip Purworejo Launching Titik Baca Digital

KUTOARJO, Untuk meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo membuat inovasi baru yakni Titik Baca Digital. Acara launching Titik Baca Digital dilakukan di Aula Perpustakaan Umum Kabupaten Purworejo, pada Selasa (23/4), ditandai dengan pemotongan pita oleh Pj Sekda Purworejo Achmad Kurniawan Kadir.

Kepala Dinpusip Kabupaten Purworejo melalui Kabid Perpustakaan Aspiyatun menjelaskan, titik baca digital merupakan layanan perpustakaan berbasis digital yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses buku bacaan. “Karena hanya dengan mengakses barcode, masyarakat dapat langsung terkoneksi dengan koleksi buku-buku digital yang disediakan,” kata Aspiyatun.

Ditambahkannya, titik baca digital nantinya akan ditempatkan di Paseban Timur Alun-alun Kabupaten Purworejo. Tempat Alun-alun Kabupaten Purworejo dipilih, menurut Aspiyatun, karena strategis dan banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Untuk cara mengaksesnya cukup mudah yaitu dengan scan barcode melalui HP di titik baca digital, nanti masyarakat sudah bisa mengakses buku digital yang tersedia dengan jarak baca 200 meter” terangnya.

Acara launching

Dijelaskan bahwa tujuan utama titik baca digital adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal itu karena di Purworejo minat bacanya masih perlu ditingkatkan. Sehingga diharapkan dengan adanya titik baca ini masyarakat lebih tertarik untuk membaca tanpa harus datang ke perpustakaan. “Dengan adanya titik baca digital ini kami ingin mengajak masyarakat untuk gemar membaca dengan cara nyaman dan santai,” pungkas Aspiyatun.

Launching titik baca digital dilaksanakan bersamaan bersamaan dengan acara sosialisasi akreditasi perpustakaan sekolah sesuai standar nasional perpustakaan dan penyerahan sertifikat akreditasi yang  dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada 14 sekolah.

Acara launching dihadiri Pustakawan Ahli Madya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Bambang Agus Pamudji, Kadinpusip Kabupaten Purworejo Eni Sudiyati, Sekretaris Dindikbud Kabupaten Purworejo Purwasih Handayani, perwakilan Kacab Dinas Wilayah VIII Dindikbud Provinsi Jawa Tengah, Camat Kutoarjo, Fokopimcam Kutoarjo, dan unsur terkait lainnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *