Beranda » Lalu Lintas Area Pusat Perbelanjaan Padat, Polres Purworejo Lakukan Rekayasa

Lalu Lintas Area Pusat Perbelanjaan Padat, Polres Purworejo Lakukan Rekayasa

PURWOREJO, Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kesendatan tidak hanya dijalan raya yang dilalui oleh para pemudik, melainkan juga di pusat perbelanjaan. Termasuk di kota Purworejo. Hal itu terjadi karena banyak masyarakat yang berburu kebutuhan untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Salah satunya kepadatan yang terjadi di pusat perbelanjaan Pasar Baledono dan Simpang Tiga Plaza. Untuk menyikapi hal tersebut Polres Purworejo bersama Dinas Perhubungan Purworejo dan instansi terkait lainnya melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan tersebut, Minggu (7/4/2024).

Kapolres Purworejo melalui Wakapolres Purworejo Kompol Fadli  didampingi PJU Satlantas Polres Purworejo beserta Kepala Dinas Perhubungan Fitri Edi Nugroho  menyampaikan, rekayasa arus lalu lintas dilakukan dengan cara mengalihkan beberapa kendaraan yang tidak berkepentingan menuju pasar dan terutama menertibkan parkir yang memakai bahu jalan.

“Untuk pemudik dari arah Magelang ke Purworejo yang melalui pusat perbelanjaan, kami alihkan ke jalur lain atau jalur alternatif sehingga dapat mengurangi kepadatan arus lalin pada titik tersebut, ” kata Kompol Fadli.

Waka Polres bersama Kadinhub

Ia menambahkan bahwa arus lalu lintas di depan Pasar Baledono dan Simpang Tiga Plaza diberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu jalur dan telah dipersiapkan Pos Strong Point beserta beberapa anggota Kepolisian. Hal itu dilakukan guna mengatur lalu lintas di sekitar pusat perbelanjaan tersebut.

“Rekayasa lalu lintas yang kami lakukan bersifat situasional dan apabila memang diperlukan kami juga akan memasang beberapa water barier di titik-titik yang arus lalu lintasnya rawan padat demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik menjelang Lebarang 2024,” jelas Waka Polres.

Selain rekayasa arus lalu lintas di pusat perbelanjaan dan pertokoan, Polres Purworejo juga melakukannya di beberapa titik lain yang rawan menimbulkan kepadatan arus lalin. Yakni beberapa Pos Pengaman menuju obyek wisata, Pos Terpadu di perbatasan dengan provinsi Jogjakarta dan beberapa Pos Pelayanan maupun Pos Strong Point lainnya yang dipersiapkan untuk membantu para pemudik.

“Kami menghimbau pada para pemudik yang akan melintas wilayah Purworejo, karena  merupakan titik lelah para pemudik. Maka apabila merasa ngantuk dan lelah agar beristirahat dan bila ada permasalahan – permasalahan di jalan bisa merapat ke pos pengamanan maupun pos pelayanan yang kami siapkan ” pungkasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *