Beranda » SMPN 18 Purworejo Gelar Pesantren Ramadan  Selama Seminggu, Bagikan Zakat dan Takjil

SMPN 18 Purworejo Gelar Pesantren Ramadan  Selama Seminggu, Bagikan Zakat dan Takjil

KEMIRI, SMPN 18 Purworejo menggelar kegiatan Pesantren Ramadan selama seminggu penuh, yakni mulai Senin hingga Sabtu (1-6/4).  Pesantren Ramadan 1445 H tahun ini bertema Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah, Berkualitas dalam Iman dan Taqwa, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan moral siswa, serta membentuk karakter yang kuat dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Kepada Purworejo News, Kepala SMPN 18 Nurhayati menjelaskan, Pesantren Ramadan dilaksanakan di beberapa tempat. “Yakni kelas 7 di Mushola Roudhotul Jannah, kelas 8 di Multimedia Bawah, dan kelas 9 di Multimedia Atas. Pemateri yang dihadirkan adalah dosen dari IAI-An Nawawi Purworejo, antara lain M. Nurul Fahmi  dengan materi Fiqih, Fitrohtul Khasanah materi Tarikh, dan Miftahur Rahman tentang Akidah Akhlak,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatannya, lanjut Nurhayati, pada Senin hingga Rabu, (1-3/4) siswa melakukan Sholat Dhuha, melafalkan Asmaul Husna, dan Tadarus Al-Quran dari pukul 07.30 hingga 09.00. Materi Pesantren Ramadan diselenggarakan dari pukul 09.30 hingga 11.30, dengan pembagian materi yang berbeda untuk setiap kelas sesuai jadwal masing-masing. “Setiap siswa juga wajib menulis catatan atau rangkuman kajian materi yang disampaikan oleh pemateri,” tuturnya.

Pada Kamis, (4/4) kegiatan dimulai seperti hari sebelumnya, kemudian pada pukul 09.30 hingga 12.00 dilakukan penerimaan zakat fitrah. Siswa membawa beras dari rumah atau dapat membeli beras kepada panitia zakat di sekolah.

Pembukaan Pesantren Ramadan di SMPN 18 oleh kepala sekolah

Kemudian pada Jumat, (5/4), kegiatan dimulai seperti hari sebelumnya, dilanjutkan dengan penerimaan zakat fitrah. Jumlah zakat yang terkumpul, kata kepala sekolah, yakni sebanyak 680 paket masing-masing  2.7kg, serta santunan sebesar Rp 7 juta.

Pada hari Jumat juga dilaksanakan kegiatan berbagi takjil pada pukul 17.00 yang diikuti perwakilan kelas masing-masing dua siswa dan dilanjutkan buka puasa bersama guru dan siswa. Adapun takjil yang dibagikan untuk warga sebanyak 250 paket dus nasi dan minuman.

Kegiatan terakhir pada Sabtu, (6/4) yakni penutupan, dengan rangkaian yang sama seperti hari sebelumnya. “Kegiatan Pesantren Ramadan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman agama yang lebih mendalam serta membentuk karakter yang kuat dan berakhlakul karimah bagi siswa-siswi SMPN 18 Purworejo,” tandas Nurhayati. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *