Beranda » Rela Antre Sejak Subuh, Cara Warga Purworejo Tukarkan Uang Baru di Bank Jateng

Rela Antre Sejak Subuh, Cara Warga Purworejo Tukarkan Uang Baru di Bank Jateng

PURWOREJO, Demi mendapatkan jatah penukaran uang baru untuk lebaran, warga Purworejo rela antre di Kantor Bank Jateng Purworejo sejak subuh. Hal itu terjadi sejak diberlakukan penukaran uang baru pada Senin (1/4). Hal itu karena pihak bank hanya membatasi 50 orang setiap harinya. Meski mengantre sejak subuh, mereka tetap harus bersabar menunggu loket buka pada pukul 08.00.

Seperti dituturkan oleh Pimpinan Bank Jateng Kancab Purworejo melalui Manajer Pemasaran Anjas Wiro Nugroho. Saat ditemui Purworejo News pada Selasa (2/4) pagi, Anjas menyampaikan Bank Jateng Kancab Purworejo menjadi lokasi penukaran uang baru oleh Bank Indonesia (BI). Program tersebut diberi nama Serambi Rupiah.

“Jadi ini merupakan program dari Bank Indonesia dan di Purworejo hanya diadakan di Bank Jateng Kancab Purworejo,” kata Anjas. Disebutkan bahwa program tersebut hanya berjalan selama lima hari yakni mulai tanggal 1 hingga 5 April. Jadi wajar saja kalau masyarakat antusias menukarkan uang melalui program tersebut, sehingga rela antre berjam-jam.

Anjas menjelaskan, setiap paket penukaran uang bernilai Rp 3,7 juta. Terdiri atas pecahan Rp 20 ribu senilai Rp 2 juta, Rp 10 ribu senilai Rp 1 juta, Rp 5 ribu senilai Rp 500 ribu, dan Rp 2 ribu senilai Rp 200 ribu, semuanya dalam bentuk bendel (gepokan). Jadi setiap orang akan mendapatkan empat bendel/gepok uang baru.

Anjas di samping mobil kas keliling Bank Jateng

Para penukar uang baru tersebut, kata Anjar bukan hanya nasabah Bank Jateng namun juga masyarakat umum. Mereka cukup membawa tanda pengenal KTP dan mendaftar ke petugas. “Sehari dibatasi hanya 50 orang, dan satu orang hanya boleh menukarkan uang satu kali. Jadi kalau sekarang sudah tukar, besok tidak bisa lagi,” jelas Anjas

Hal itu, kata Anjas, adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas yang membutuhkan. Apalagi di Purworejo hanya ada satu tempat resmi penukaran uang baru yang ditunjuk oleh BI. Bank Jateng pun menyediakan satu mobil kas khusus untuk penukaran uang baru tahun ini.

“Monggo bagi masyarakat yang membutuhkan bisa langsung datang ke Bank Jateng Kancab Purworejo di Jalan A. Yani pada pagi hari, sampai tanggal 5 April. Cukup dengan membawa KTP dan nanti akan didaftar oleh petugas,” kata Anjas. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *