Beranda » 18,23 juta Pemudik Bakal Melintasi Jawa Tengah Termasuk Purworejo, Bupati Pesan Begini

18,23 juta Pemudik Bakal Melintasi Jawa Tengah Termasuk Purworejo, Bupati Pesan Begini

SEMARANG, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyampaikan, Pemprov siap menyambut 18,23 juta orang yang masuk dan melintasi provinsi setempat saat arus mudik Lebaran tahun 2024. Jumlah itu merupakan bagian dari pergerakan mudik Lebaran 2024 secara nasional, yang diprediksi sebanyak 193,6 juta orang.

Dalam laporannya di hadapan bupati/walikota se-Jawa Tengah pada acara Rakor Forkopimda itu Nana menyampaikan kesiapan bidang infrastruktur, secara umum jalan dalam kondisi baik. Pada jalan nasional di Provinsi Jateng dan DIY sepanjang 1.887,29 kilometer, dipetakan terdapat 68 titik rawan kemacetan di Jawa Tengah. Termasuk, jalan yang kemarin terendam banjir di wilayah Demak dan Kudus, saat ini telah bisa dilalui.

“Kami mendirikan posko terpadu angkutan Lebaran tahun 2024 pada H-7 sampai H+7 Lebaran, atau 3-18 April 2024. Diperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada 6-7 April 2024, dan puncak arus balik diprediksi pada 14-15 April 2024,” ujarnya.

Dalam rakor forkopimda yang diadakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah pada,Senin  (1/4) sore, Bupati Purworejo Yuli Hastuti hadir bersama jajaran forkopimda. Selain Purworejo, kegiatan itu juga dihadiri oleh kepala daerah dan Forkopimda dari 35 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Bupati saat rakor forkopimda

Ditemui setelah rapat Bupati  Yuli Hastuti menjelaskan bahwa Pemprov Jateng menyediakan program mudik dan balik rantau gratis. Program dilaksanakan dalam upaya membantu warga Jateng yang tengah merantau di Jabodetabek dan bekerja di sektor informal.

“Sesuai dengan yang dipaparkan oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pemprov menyiapkan program mudik dan balik rantau gratis pada 6-15 April 2024, dengan kapasitas mudik 7.680 orang, dan balik rantau 6.160 orang,” jelasnya

Bupati juga mengutip paparan dari Nana Sudjana terkait kesiapan Pemprov Jateng bersama instansi terkait, seperti Bulog, Pertamina, dan PLN, untuk menjamin ketersediaan pangan maupun energi, termasuk masalah BBM, dan listrik selama masa Lebaran.

“Jajaran Forkopimda dan stakeholder terkait akan siaga 24 jam untuk menjaga masalah distribusi atau pasokan bahan-bahan pangan. Kami menjamin masalah pangan sampai selesainya Idul fitri,” tandasnya. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *