Beranda » Tekan Angka Kecelakaan di Kalangan Remaja, Polres Purworejo Gelar Safety Riding di SMAN 7

Tekan Angka Kecelakaan di Kalangan Remaja, Polres Purworejo Gelar Safety Riding di SMAN 7

PURWOREJO, Untuk mengantisipasi kenakalan remaja serta menekan kecelakaan di kalangan pelajar, Polres Purworejo menggelar program Police Goes to School. Salah satunya dengan melakukan safety riding di SMA Negeri 7 pada Rabu (7/3) pagi. Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo didampingi Kasat Lantas AKP Untung Ariyono diterima oleh Kepala SMAN 7 Niken Wahyuni beserta Waka Kesiswaan Supriyadi.

Kapolres menyebutkan, kegiatan Police Goes to School kali ini bersamaan dengan digelarnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 yang mengendepankan giat preemtif, preventif disertai gakkum dengan humanis dan edukatif. “Police Goes To School merupakan kegiatan preventif atau pencegahan yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo dengan memberikan edukasi pada siswa-siswi SMA N 7 berupa penekanan safety riding,” jelas Kapolres.

Ditambahkan, safety riding adalah kegiatan yang harus dijalankan sebelum memulai proses berkendara. Dapat juga diartikan sebagai bentuk perilaku berkendara yang aman serta nyaman. “Kegiatan sosialisasi operasi keselamatan lalu lintas candi 2024  bertujuan memberikan edukasi maupun pengarahan kepada para siswa- siswi, salah satunya tentang safety riding atau keamanan dan kenyamanan berkendara,” imbuh Kapolres didampingi Kasat Lantas.

Menurutnya, kata aman dan nyaman ini berlaku untuk diri sendiri dan bagi orang lain yang juga merupakan sesama pengendara dan bahkan pejalan kaki. Dengan kata lain jangan merugikan orang lain karena kecerobohan diri sendiri.

Kapolres dan Kepala SMAN 7  dalam acara safety riding

“Kegiatan ini bertujuan untuk bisa memberi contoh dan himbauan kepada siswa dan guru pengajar serta staff yang ada di sekolah, agar mengerti, patuh, dan tertib terhadap peraturan berlalu lintas. Termasuk penggunaan helm SNI pada saat berangkat ke sekolah atau bepergian. Ini demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalulintas dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada pelajar di wilayah Kabupaten Purworejo,” beber Kapolres.

Kepada para siswa-siswi SMA Negeri 7 Kapolres berpesan untuk selalu tertib dan mematuhi peraturan  lalu lintas sebagaimana diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Maka dengan itu bisa meningkatkan kamseltibcarlantas dan menjaga kamtibmas tetap aman maupun kondusif di wilayah hukum Polres Purworejo.

“Bagi siswa-siswi yang naik motor ke sekolah mohon kelengkapan sepeda motor diperhatikan. Lampu, spion, knalpot, surat-surat kendaraan termasuk SIM agar dilengkapi. Jangan lupa menggunakan helm. Kemudian sekiranya kondisi badan tidak fit atau kurang sehat dan juga mengantuk, jangan memaksakan diri naik motor. Lebih baik minta diantarkan orang tuanya atau naik ojek online,” himbau Kapolres di akhir kegiatan.

Terpisah, Kepala SMAN 7 Niken Wahyuni mengatakan, kegiatan tersebut sangat tepat dan bermanfaat untuk para siswa supaya mereka menjadi pengendara yang bijak dan disiplin serta mematuhi tata tertib lalu lintas. “Kami berharap para siswa semakin tertib dan disiplin dalam berkendara dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *