Beranda » Jelang Masa Tenang Pemilu, Panwaslu Lakukan Apel Siaga Terakhir

Jelang Masa Tenang Pemilu, Panwaslu Lakukan Apel Siaga Terakhir

PURWOREJO, Sebanyak 367 Pengawas Pemilu di Kecamatan Purworejo melangsungkan kegiatan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 pada Sabtu (10/2). Apel yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Purworejo itu diikuti 332 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), 25 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), dan tiga Panwaslu Kecamatan beserta sekretariat. Apel siaga ini merupakan apel terakhir menjelang Masa Tenang Pemilu 2024. Camat Adi Pawoko, Kapolsek AKP Bruyi Rohman, Danramil Kapt. Inf. Nur Kholiq, Kepala KUA, dan perwakilan partai politik se-Kecamatan Purworejo turut hadir dalam apel tersebut.

Ketua Panwaslu Kecamatan Purworejo, Nuryaddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan diri untuk melakukan pengawasan di tahapan final, yaitu pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

“Mulai besok adalah masa tenang. Dimohon seluruh pengawas untuk dapat melakukan pengawasan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas, wewenang, dan kewajibannya,” kata Nuryaddin. Ia juga memberikan imbauan kepada para perwakilan dari partai politik yang hadir untuk melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) dan tidak melakukan kampanye dalam bentuk apapun di masa tenang.

Dalam apel tersebut Nuryaddin melakukan pemeriksaan pasukan dengan berjalan mengelilingi seluruh peserta. Hal ini menurutnya bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran pelaksanaan pengawasan tahapan pemilu.

Panwascam Purworejo beserta jajaran forkopimcam

Kapolsek Purworejo AKP Bruyi Rohman dalam testimoninya kepada seluruh peserta apel  menghimbau para pengawas untuk sigap mencatat, mendokumentasikan, dan melaporkan temuan dugaan pelanggaran. “Harapannya apa yang kita awasi di wilayah Purworejo tidak ada pelanggaran,” ungkapnya. Bruyi juga menghimbau kepada PTPS untuk selalu berkoordinasi dengan rekan-rekan KPPS.

Hal serupa disampaikan Danramil Purworejo Nur Kholiq yang menghimbau kepada para pengawas untuk melakukan pengawasan dengan baik. “Awasi, catat, dokumentasikan, laporkan,” pesannya.

Sementara itu, Camat Purworejo Adi Pawoko juga berpesan untuk menjaga kondusifitas di wilayah TPS masing- masing agar Pemilu dapat berjalan dengan damai, adem ayem, dan guyub rukun. Ditambahkannya, seluruh pengawas agar bisa selalu menjaga kesehatan. “Pola makannya dijaga, istirahat yang cukup,” pungkasnya.

Di tengah gerimis apel berjalan lancar dan diakhiri dengan kegiatan bakti sosial membersihkan halaman kantor Kecamatan Purworejo dan Alun-alun Cangkrep. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *