Beranda » Dukung Pelaksanaan Pemilukada, Pemkab Purworejo Berikan Hibah Daerah untuk Polres

Dukung Pelaksanaan Pemilukada, Pemkab Purworejo Berikan Hibah Daerah untuk Polres

PURWOREJO, Bupati Purworejo Yuli Hastuti bersama Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Pada kesempatan yang sama dilaksanakan juga penandatanganan Kuitansi Dana Pemilihan Tahun 2024 oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu disaksikan oleh Bupati dan Kapolres Purworejo.

Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyampaikan, dana hibah dari pemkab ditujukan untuk mendukung suksesnya Pemilukada Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November. Sedangkan untuk Pemilu Serentak 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari dibiayai dengan dana APBN.

“Sebagai institusi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban termasuk dalam setiap tahapan pemilu maupun pemilukada, Polres Purworejo memerlukan dana yang cukup besar untuk mendukung operasionalnya. Naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD merupakan bukti dukungan Pemkab Purworejo terhadap suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi kepada Polres,” jelasnya.

Bupati berharap, fasilitas dan dukungan yang disediakan melalui APBD dapat meningkatkan kapabilitas dan efisiensi kinerja Polres. “Kami menyadari sepenuhnya bahwa kerjasama dan koordinasi antara pemerintah daerah dan aparat kepolisian sangatlah penting, dan hari ini kita memperkuat komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilukada 2024,” tandasnya.

Bupati bersama para pejabat struktural

Adapun Kepala Kesbangpol Agus Widiyanto mengatakan, kegiatan penandatanganan NPHD bertujuan meningkatkan kesepakatan dan kesepahaman pemda dengan KPU, Bawaslu dan Polres. NPHD merupakan komitmen bersama antara pemda sebagai Pihak Kesatu/Pemberi Hibah dengan Polres, KPU, dan Bawaslu sebagai Pihak Kedua/Penerima Hibah.

”Mari saling memahami dan saling menjaga integritas dalam naskah NPHD. Sehingga dalam pelaksanaannya antara Pemberi dan Penerima bisa menjalankan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing,” katanya.

Acara yang diadakan di Ruang Bagelen pada hari Kamis (25/1) itu dihadiri Asisten Sekda I Bambang Susilo, Kepala Kesbangpol Agus Widiyanto, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, Kepala BPKPAD Agus Ari Setiyadi, Ketua KPU dan Bawaslu Djarot Sarwo Sambodo serta Purnomosidi. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *