Beranda » 405 Pramuka Garuda Kabupaten Purworejo Dilantik, Jadi Peringkat 5 Terbanyak se-Jawa Tengah

405 Pramuka Garuda Kabupaten Purworejo Dilantik, Jadi Peringkat 5 Terbanyak se-Jawa Tengah

PURWOREJO, Kwartir Daerah Jawa Tengah melalui Kwartir Ranting Purworejo melaksanakan upacara pelantikan, pengukuhan, dan pemberian tanda penghargaan kepada 405 Pramuka Garuda 2023 pada Selasa (12/12). Bertempat di Wisma Budaya SMA Negeri 7, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah perwakilan SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Purworejo.

Rinciannya, perwakilan Siaga 266 peserta, Penggalang 92 peserta, dan Penegak 46 peserta, serta orang tua atau pendamping dari masing-masing peserta. Ketua Kwarcab Purworejo H. Pram Prasetyo Ahmad serta Pimpinan Kwartir Ranting Purworejo pun turut hadir, didampingi oleh unsur-unsur Kwaran, Mabiran, dan Kepala pangkalan Pramuka SMAN 7.

Ketua pelaksana, Ati Supriati melaporkan bahwa kegiatan upacara diikuti oleh 405 peserta yang akan dilantik, 405 orang tua peserta dan para kakak pembina selaku panitia.

“Melalui surat keputusan Kwartir Ranting Purworejo No. 046/2023 Tentang Pemberian Penghargaan Pramuka Garuda 2023 memutuskan seluruh peserta yang berjumlah 405 akan dilantik menjadi Pramuka Garuda 2023. Nama dan asal sekolah 405 peserta disebutkan satu persatu oleh pembawa acara,” kata Atik.

Dalam upacara pelantikan, masing-masing golongan diwakili dua orang untuk mengucapkan janji Pramuka Tri Satya dengan memegang ujung bendera Merah Putih dan diikuti oleh seluruh peserta upacara dengan penghormatan.

Setelah dilantik, perwakilan peserta mengucapakan Ikrar Pramuka Garuda lalu dilanjutkan dengan kata pelantikan oleh Kwarcab. Dengan demikian seluruh peserta resmi menjadi Pramuka Garuda. Prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan dan pemberian kalung penghargaan.

Pramuka Garuda mendapat penghargaan

Para peserta juga menjalankan prosesi sungkeman kepada orang tua masing-masing dan para orang tua mengenakan kalung penghargaan Pramuka Garuda kepada putra putrinya. Sungkeman diiringi lagu dan kata-kata yang membuat para peserta menangis terharu.

Dalam sambutannya, Kwartir Ranting Purworejo Tamsir Marsudi Utomo, menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga dengan putra putri yang dilantik sebagai Pramuka Garuda karena Pramuka Garuda merupakan tingkat tertinggi dalam Pramuka.

“Dengan dilantiknya sebagai Pramuka Garuda harapannya peserta yang dilantik dapat menjadi sosok yang baik di keluarga, masyarakat, serta berguna bagi negara,” ungkapnya. Adapun Ketua Kwarcab Purworejo, H. Pram Prasetyo Ahmad yang bertindak sebagai pembina ucapara dalam sambutannya menjelaskan dalam acara pelantikan kali ini merupakan acara terhebat.

Hal itu karena jumlah pesertanya yang sangat banyak yaitu berjumlah 405 peserta se- Kabupaten Purworejo. Untuk total yang dilantik di Jawa Tengah berjumlah 5.000-an peserta dan Kabupaten Purworejo tingkat kelima terbesar se-Jawa Tengah.

“Dalam Pramuka selalu diajarkan untuk saling menghargai dan menghormati sesama agar tercipta suasana yang baik. Kwarcab akan selalu menghidupkan kegiatan-kegiatan Pramuka agar dapat meningkatkan kemampuan generasi muda kita, untuk itu para orang tua harus selalu mendukung kegiatan Pramuka,” pungkasnya (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *