Beranda » Awal Tahun 2024, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo Gencarkan Program Pasang Saluran Baru Cuma Rp 100 Ribu

Awal Tahun 2024, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo Gencarkan Program Pasang Saluran Baru Cuma Rp 100 Ribu

PURWOREJO, Kabar gembira bagi warga Purworejo yang ingin memasang saluran air bersih melalui PDAM Tirta Perwitasari, khususnya yang berada di pedesaan. Tahun 2024 mendatang, perusahaan plat merah itu akan meluncurkan program pasang saluran air bersih murah, yakni hanya membayar Rp 100 ribu. Itu karena ada bantuan dari Pemda senilai Rp 37,5 miliar untuk 7.500 sambungan rumah (SR) dengan asumsi subsidi sebesar Rp 5 juta/SR.

Hal itu disampaikan oleh Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo saat ditemui Purworejo News di ruangannya pada Rabu (6/12). Hermawan menambahkan, program tersebut diluncurkan sebagai bagian dari implementasi percepatan Instruksi Presiden 10 juta sambungan rumah untuk air bersih.

Dijelaskan, dari 7.500 SR tersebut, 3.500 diantaranya sudah standby alias siap pasang.
Pada awal tahun, lanjut Hermawan, dilakukan pemasangan jaringan distribusi utama (JDU) milik provinsi yang merupakan jalur utama dari Mirit ke Wareng dengan anggaran Rp 18,5 miliar.

Melalui program tersebut, Hermawan berharap semua masyarakat Purworejo memakai saluran air bersih PDAM. Ia menuturkan bahwa dari tahun ke tahun, jumlah pelanggan mengalami kenaikan. Pada tahun 2021 sebanyak 27. 476, tahun 2022 bertambah menjadi 30.129.

Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo

Adapun tahun ini jumlahnya mendekati lebih dari 32.000. “Angka tersebut melebihi target yang kami tetapkan. Dari tahun ke tahun selalu melebihi target,” ungkap Hermawan.

Tak hanya itu, profit serta deviden yang diberikan PDAM Tirta Perwitasari kepada Pemda juga selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Profit tahun ini, kata Hermawan, mengalami kenaikan yakni Rp 3,9 miliar pada tahun 2022 menjadi Rp 4,2 miliar tahun ini. Sedangkan di tahun 2021 mencapai Rp 3,3 miliar.

Adapun deviden tahun ini sebesar Rp 2,4 miliar. Meningkat dari tahun sebelumnya Rp 2,1 miliar. Atas pencapaian semuanya itu, Hermawan merasa bersyukur sehingga berencana menggelar acara Jalan Sehat memeriahkan HUT PDAM Tirta Perwitasari dalam skala besar.

Pada Minggu (17/12) mendatang, untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-49, PDAM Tirta Perwitasari akan menggoncang warga Purworejo khususnya yang berada di wilayah Kutoarjo dengan mengundang OM Adella. “Ini acara jalan sehat gratis, kami memberikan hiburan sekaligus hadiah menarik bagi masyarakat Purworejo,” kata pria murah senyum itu.

Spanduk acara jalan sehat yang dipasang di kantor PDAM Jalan Jenderal Sudirman

Hadiah utama, sebutnya, yakni berupa satu unit sepeda motor dengan belasan hadiah besar lainnya, serta ratusan doorprize bagi peserta jalan sehat yang akan dimulai pukul 06.30 tersebut.

Selain memberikan hiburan, acara tersebut juga sekaligus sebagai ajang informasi terkait pemasangan SR baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama di wilayah pedesaan. Nantinya juga akan diundang para kepala desa, khususnya dari wilayah kecamatan Grabag dan Butuh yang menjadi saluran pipa PDAM.

Hermawan menegaskan, pemenuhan air bersih merupakan kewajiban pemerintah melalui PDAM. “Masyarakat yang sehat adalah mereka yang mengkonsumsi air bersih. Dengan mengkonsumsi air bersih dapat mencegah stunting dan desa miskin ekstrem,” pungkasnya. (Dia)

Loading

7 thoughts on “Awal Tahun 2024, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo Gencarkan Program Pasang Saluran Baru Cuma Rp 100 Ribu

  1. Ini program betul tidak kami di daerah kaliwatubumi mau nyambung PDAM suruh bayar umum dengan alasan tidak termasuk usulan desa.. padahal saya tau ada program tersebut ya dari media ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *