Beranda » Peringati HUT PGRI, Guru Purworejo Sumbangkan 92 Kantong Darah ke PMI

Peringati HUT PGRI, Guru Purworejo Sumbangkan 92 Kantong Darah ke PMI

PURWOREJO, Sebanyak 92 kantong darah yang berasal dari perwakilan guru di 16 kecamatan di Purworejo disumbangkan ke PMI. Kegiatan donor darah yang diadakan dalam rangkaian HUT ke-78 PGRI itu digelar di Aula PGRI pada Sabtu (4/11).

Ketua panitia Cahyo Winarno kepada Purworejo News menjelaskan, peserta donor darah kali ini melebihi target. “Karena kan setiap kecamatan perwakilan lima orang, lalu dati perwakilan khusus yakni dari Kemenag dan guru SMA. Alhamdulillah bisa melebihi target yang hanya 90 orang,” jelas Kepala SMAN 3 tersebut. Adapun sistem pendaftaran melalui link masing-masing pengurus cabang.

Sebelum melakukan donor darah, para peserta terlebih dahulu diskrining, meliputi pemeriksaan tensi dan Hb. Donor darah yang diadakan PGRI ini merupakan kerjasama dengan PMI yang menyediakan 10 bed dan 14 petugas. Selama proses donor darah yang dimulai sejak pukul 09.00, ke-10 bed yang disediakan selalu terisi hingga acara berakhir pada siang hari.

Cahyo menyebutkan, donor darah dilakukan untuk mewujudkan jiwa sosial dan kepedulian pada sesama. “Peserta donor darah ini merupakan anggota PGRI yang notabene guru dan tenaga pendidik, sehingga ini merupakan bagian dari pembelajaran kepada peserta didik,” kata Cahyo.

Sumiyati yang telah mendonorkan darah lebih dari 50 kali

Selain itu donor darah juga dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan dan juga kerjasama lintas sektoral melalui kerjasama dengan PMI Purworejo.

Salah seorang peserta donor darah, Sumiyati (54) yang merupakan guru SDN Pandanrejo Kaligesing mengaku bahwa ia sudah 50 kali melakukan donor darah, yakni sejak tahun 2000-an.

Adapun agenda kegiatan lainnya yang digelar dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) yakni pelatihan penulisan buku (26/10), seminar pendidikan (2/11), sosialisasi DKGI dan LKBH (11/11), Touring Bakti Sosial (12/11).

Lalu Pemanfaatan AI untuk Pembelajaran (16-18/21), jalan sehat (19/11), malam tasyakuran (24/11), upacara dan ziarah ke makam pahlawan (25/11), dan terakhir resepsi (2/12). (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *