Beranda » “PIT Onta” Dilaunching, Informasi Dinporapar Kabupaten Purworejo Lebih Mudah Didapat Masyarakat

“PIT Onta” Dilaunching, Informasi Dinporapar Kabupaten Purworejo Lebih Mudah Didapat Masyarakat

PURWOREJO, Sebagai instansi pemerintah yang banyak melakukan kegiatan di bidang kepemudaan, olah raga, dan pariwisata, Dinas Kepemudaaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo melakukan langkah pembenahan. Caranya dengan membuka informasi terkait tiga bidang yakni Pelayanan Informasi Terpadu Olahraga Kepemudaaan dan Pariwisata (PIT Onta). Soft opening PIT Onta dilakukan pada Senin (9/10) usai apel.

Kadin Porapar Stepanus Aan Isa Nugroho melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Budi Hari Astuti menjelaskan, PIT Onta difungsikan sebagai tempat bagi masyarakat yang akan mencari informasi terkait tiga bidang yang berada dalam naungan Dinporapar.

PIT Onta ini bisa dikatakan sebagai MPP mini, selain juga sebagai front desk atau ruang lobi dinas kami saat masyarakat atau ada yang datang dari instansi untuk menanyakan atau memberi informasi,” ucap Budi Hari Astuti atau yang akrab disapa Tutut kepada Purworejo News, Senin (9/10).

Pengunjung sedang meminta informasi kepada petugas

Tutut menambahkan, tiga bidang di Dinporapar memiliki tupoksi yang berbeda dengan ditangani tiga kepala bidang (kabid). Bidang Kepemudaan dibidangi oleh Kabid Sri Anteng, Olahraga oleh Kabid Nanang Agus Gutomo, dan Pariwisata oleh Kabid Endah Hanna Rosanti.

Adapun jenis informasi yang bisa diakses di PIT Onta, antara lain tentang peminjaman gedung Ganesha, Alun-alun Purworejo dan Art Center, pemanfaatan gedung olahraga. Juga usulan penetapan desa wisata serta destinasi wisata di Kabupaten Purworejo.

Di ruangan berukuran 7X4 meter yang terletak di sebelah utara Kantor Dinporapar Jalan Mayjen Sutoyo itu disediakan satu buah TV LED yang memberikan informasi kegiatan Dinporapar dalam format kanal YouTube. Selain itu juga disediakan buku bacaan dan brosur terkait informasi tiga bidang.

Kepala Dinporapar Stephanus Aan Isa Nugroho dan Sekdin Budi Hari Astuti

Di ruangan itu juga disediakan ruang tunggu beserta minuman kopi atau teh panas yang dapat diseduh langsung oleh para pengunjung PIT Onta.

“Jadi semua informasi tiga bidang bisa dilakukan di sini tanpa perlu mencari pejabat terkait, bisa sambil minum kopi atau teh,” imbuh Tutut.

PIT Onta didukung oleh dua petugas yang standby sesuai dengan jam kerja yang berlaku di Dinporapar. Ketiga kabid yang ditemui Purworejo News memberikan apresiasi adanya PIT Onta di dinas mereka.

Tiga Kabid Dinporapar bersama Sekdin

Kabid Endah menyatakan harapannya agar informasi terkait pariwisata dapat lebih mudah didapatkan. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sri Anteng yang mengatakan PIT Onta diharapkan dapat memberikan informasi secara terbuka dan lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Adapun Kabid Nanang mengharapkan semua informasi terkait olah raga termasuk agenda kegiatannya bisa tersosialisasikan.

“Tak hanya itu, masyarakat juga dapat memberikan informasi atau masukan dan saran kepada kami agar Dinporapar bisa lebih baik di masa yang akan datang,” pungkas Tutut. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *