Beranda » Gelar Karya P5 SMPN 4 Purworejo Dikemas dalam Kreasi Budaya dan Seni Islam

Gelar Karya P5 SMPN 4 Purworejo Dikemas dalam Kreasi Budaya dan Seni Islam

PURWOREJO, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dikemas dalam gelar karya P5 berbentuk kreasi budaya dan seni Islam di SMPN 4 Purworejo pada Kamis (5/10). Kegiatan tersebut merupakan puncak gelar karya P5 bertema Bhineka Tunggal Ika yang digelar sejak tanggal 25 September lalu.

Guru PAI SMPN 4 Duhri Muhammad menyampaikan, sosialisasi kegiatan P5 kali ini dimulai pada Senin (25/9). Berikutnya siswa menyusun majalah dinding bertema kreasi budaya dan seni Islam.

“Puncaknya hari ini berupa peringatan Maulid Nabi bagi siswa yang beragama Islam dengan mengundang ustad Abdul Haq,” jelas Duhri. Selain pengajian, sebelumnya siswa juga melakukan tadarus dan khotmil Qur’an. Juga diadakan peragaan busana Islami.

Adapun bagi siswa non Muslim yakni yang beraga Kristen dan Katolik, mereka melakukan wisata rohani ke Goa Maria di Girimulyo Kulonprogo. Hal tersebut menurut Duhri, sebagai aplikasi dari P5 bertema Bhineka Tunggal Ika dengan topik gali kreativitas dalam toleransi beragama.

Dalam menjalankan toleransi, lanjut Duhri, para siswa tetap menjalankan keyakinannya masing-masing dengan prinsip saling menghormati. Misalnya Siswa muslim bersholawat, sedangkan siswa non muslim belajar paduan suara.

Adapun Kepala SMPN 4 Suswanto berharap agar melalui kegiatan tersebut para siswa dapat semakin semangat belajar. “Kegiatan ini supaya bisa seimbang antara ilmu dan adab untuk menyongsong kehidupan mereka di masa mendatang,” ucapnya.

Suswanto berharap kegiatan semacam ini bisa selalu diadakan, termasuk SMPN 4 bersholawat. “Ini penting untuk peningkatan karakter siswa, tidak hanya semata menggali ilmu, tapi adab dan akhlak. Jadi ilmu dan adab harus seimbang,” tandasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *