Beranda » Peduli Masyarakat Terdampak Kekeringan, Panwaslu Kecamatan Purworejo Bantu Salurkan Air Bersih

Peduli Masyarakat Terdampak Kekeringan, Panwaslu Kecamatan Purworejo Bantu Salurkan Air Bersih

PURWOREJO, Panwaslu Kecamatan Purworejo bersama dengan Pengawas Kelurahan/Desa melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (baksos) Bantuan Air Bersih di enam desa/kelurahan di Kecamatan Purworejo pada Senin (2/10). Baksos bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo itu menyalurkan air bersih sebanyak satu tangki atau 5.000 liter ke Desa Sudimoro. 

Ketua Panwaslucam Purworejo, Nuryadin menjelaskan, baksos itu juga menggunakan dana swadaya panwaslucam dan PKD menggunakan mobil dan truk yang mengambil air di mata air Desa Sidorejo untuk disalurkan ke Desa Donorati, Wonotulus, Sidomulyo, Brenggong, dan Kedungsari.

Dijelaskan, para kepala desa dan kelurahan yang wilayahnya mendapatkan bantuan air mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengerahkan segala daya upaya untuk membantu menyalurkan air, terutama Panwaslucam Purworejo. 

“Mereka berharap selama musim kemarau belum berakhir, masih ada yang memberikan bantuan air, karena air merupakan kebutuhan pokok masyarakat,” ungkap Nuryadin.

Dropping air bersih di Desa Sudimoro

Baksos ini, katanya lanjut, merupakan wujud kepedulian panwaslucam dan PKD terhadap daerah-daerah pengawasan yang terdampak kemarau panjang. 

Nuryadin berterima kasih kepada seluruh rekan pengawas yang membantu, juga kepada komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo atas dukungan moril dan materiilnya terhadap acara ini. 

“Hati kami tergerak melihat dampak kekeringan yang sedang melanda masyarakat Purworejo, makadari itu kami memutuskan untuk ikut berpartisipasi membantu menyalurkan air bersih”, ungkap Nuryaddin.

Nuryaddin menyampaikan sebelum pelaksanaan bakti sosial, panwaslucam melakukan beberapa kali koordinasi dengan pemangku wilayah tingkat kelurahan/desa untuk menentukan titik-titik bantuan, agar benar-benar tepat sasaran. 

Total armada yang digunakan untuk menyalurkan air adalah satu truk dan empat mobil pick up yang masing-masing bermuatan satu toren berisi 1.000 liter. Lima armada tersebut bolak-balik ke lima desa tujuan bantuan, sehingga masing-masing desa mendapatkan bantuan kurang lebih 5.000 liter.

Kepala Sekretariat BPBD Kabupaten Purworejo, Dra Dede Yeni Iswantini, MM mewakili kepala BPBD menyampaikan apresiasinya kepada panwaslucam beserta jajarannya, karena dengan bantuannya ini sedikit meringankan beban BPBD yang sedang tiada henti droping air. 

“Minimal untuk beberapa hari ke depan, BPBD bisa mengalihkan droping ke kecamatan lain,” tambah Yeni. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *