Beranda » 3 Tahun Vakum, Warga Purworejo Menyemut Saksikan Karnaval SD SMP

3 Tahun Vakum, Warga Purworejo Menyemut Saksikan Karnaval SD SMP

PURWOREJO, Setelah sempat vakum selama tiga tahun akibat pandemi, masyarakat Purworejo kembali dapat menyaksikan kemeriahan karnaval. Kegiatan yang digelar memeriahkan HUT RI itupun disambut antusias warga. Bahkan warga tampak menyemut di Jalan Proklamasi, tepatnya di depan Kantor Bupati tempat dimulainya karnaval tingkat SD dan SMP pada Sabtu (19/8).

Mereka datang untuk menyaksikan 24 peserta pawai yang menempuh rute 4,1 km tersebut. Wakil bupati Yuli Hastuti melepas peserta pertama yakni SD Al Madina dengan mengibarkan bendera start. Wabup Didampingi ketua DPRD Dion Agassi beserta istri, sekda Said Romadon, serta forkopimda duduk di panggung kehormatan.

Pelaksana kegiatan karnaval, Sigit Supriyanto, M.M, kepada Purworejo News mengatakan, karnaval kali ini diikuti 24 peserta. Terdiri atas 15 SD dan sembilan SMP. Urutannya yakni SD Al Madina, SDN Tirtodranan, SDN Mranti, SD Kristen Pangen, SDN Kliwonan.

Berikutnya, SD Mutiara Ibu, SDN Kepatihan, SDN Purworejo, SDN Pangengudang, SDN Sebomenggalan, SD Maria, SDN Ngupasan,
SDN 2 Cangkreplor, SD KUB Muhammadiyah, dan SD Kristen Penabur.

Wabup melepas peserta karnaval SD SMP



Adapun sembilan peserta SMP yakni SMPN 4, SMPN 6, SMPN 3, SMP Muhammadiyah, SMPN 2, SMPN 33, SMPN 15, SMP Bruderan, dan SMPN 1. Sedangkan tema karnaval kali ini yakni Colorful Purworejo.

Tak hanya SMP, peserta karnaval tingkat SD pun beberapa diantaranya menampilkan drumband. Seperti SD Al Madina, SD Pangengudang, dan SD Maria. Sesuai dengan tema, mereka pun membawakan aneka karya baik tarian maupun tampilan lain khas Purworejo.

Para peserta pun terlihat memberikan kenang-kenangan kepada wakil bupati, sekda, ketua DPRD maupun forkopimda secara bergantian. Mereka juga diberi waktu dua menit oleh panitia untuk menampilkan pertunjukan terbaik kepada tamu undangan yang berada di panggung kehormatan.

Penampilan peserta karnaval di panggung kehormatan

Dari alun-alun, para peserta kemudian berjalan menuju arah Jalan Kartini melewati Jalan Dewi Sartika. Lalu berbelok ke arah timur perempatan Tugu Purworejo menuju Stasiun Purworejo dan melalui eks Pasar Suronegaran. Selanjutnya ke arah Hotel Intan, Jalan A Yani, Bank Jateng dan finish kembali ke Alun-alun Purworejo.


Sigit menambahkan, penampilan para peserta pun dinilai oleh tim juri yang berada di antara penonton. Menurut salah satu juri yakni Suprapto Effendi, kriteria penilaian meliputi kekompakan, kerapihan, etika dan kedisiplinan. Juga kreativitas, originalitas, dan keunikan. “Selain itu juga kesesuaian dengan tema dan drumband,” jelas Prapto.

Karnaval berikutnya akan digelar pada Sabtu mendatang (26/8) diikuti oleh peserta SMA/SMK/MA dan umum. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *